2 Solusi Nurul Arifin Untuk Banjir Bandung

Nurul Arifin Walikota Bandung

Calon Wakil Wali Kota Bandung, Nurul Arifin, menawarkan solusi bagi persoalan banjir yang tidak kunjung rampung.

Menurutnya, cara mengatasi banjir ada dua, yakni memaksimalkan resapan ke tanah atau ditampung untuk dimanfaatkan di kemudian hari.

“Untuk memaksimalkan resapan air, bisa dilakukan dengan membuat sumur resapan atau biopori. Jika tidak memadai maka bisa ditampung atau disimpan di dalam situ atau danau buatan,” ungkap Nurul, Jumat (30/3).

Nurul menegaskan, dengan membuat situ atau danau buatan untuk menampung air yang tidak terserap, selain bisa mengurangi dampak banjir kiriman dari kota Bandung ke daerah selatan dan sekitarnya, juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Pemanfaatannya mulai dari bisa dijadikan sebagai cadangan sumber air kota Bandung di saat musim kemarau, pengembangan usaha budidaya ikan, bahkan bisa dijadikan sebagai wisata air.

Nurul Arifin menilai, solusi yang tepat bagi banjir Bandung adalah memperbaiki sistem drainase, penguatan tanggul dan pembangunan danau untuk dijadikan penampungan air.

“Dengan membangun situ atau danau buatan, memperbaikan drainase, serta memaksimalkan penyerapan air diharapkan akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kota Bandung tapi juga wilayah disekitarnya. Misalnya, di daerah penampungan air itu bisa dikembangkan wisata air,” pungkas Nurul.