3 Pembalap Paling Kontroversial Di MotoGP, Siapa Saja?

MOTOGP jadi salah satu ajang balap motor paling banyak diminati masyarakat dunia. Sejumlah pembalap pun kerap mendapatkan sorotan lebih dari publik, bukan hanya karena prestasinya di MotoGP tetapi juga aksi yang terkadang mengundang kontroversi.

Hal itu bahkan dilakukan beberapa pembalap tak hanya di arena balapan, tetapi juga dalam kehidupan di luar ajang MotoGP. Tak ayal, sosoknya pun kerap mendapat komentar yang pro dan juga kontra.

Lalu, siapa saja pembalap tersebut? Sebagaimana dilansir dari Fit People, Selasa (24/8/2021), berikut tiga pembalap yang paling mengundang kontroversi di MotoGP. Adakah sosok pembalap kenamaan seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez?

3. Jorge Lorenzo

Di urutan ketiga, ada nama Jorge Lorenzo. Saat ini, pembalap berjuluk X-Fuera itu sudah pensiun dari pentas MotoGP. Namun, namanya masih sering dibahas oleh publik dalam sejumlah tema pembahasan, termasuk aksi-aksi kontroversi.

Aksi kontroversinya tak hanya terjadi di dalam arena balapan, tetapi juga di luar. Selama berkarier di dunia MotoGP, Jorge Lorenzo memang dikenal sebagai salah satu pembalap yang agresif dan sering melakukan manuver yang berisiko.

Caranya berkendara membuatnya kerap mendapat mendapat sanksi. Pada GP Jepang 2005, Lorenzo mendapat sanksi karena melewati De Angelis dengan cara yang berbahaya.

Di luar lintasan, Jorge Lorenzo menjadi pusat kontroversi untuk video yang diambil dengan gadis-gadis berbikini, yang menggambarkan gaya hidupnya yang mewah. Akibat kontroversi di media, pembalap MotoGP itu memutuskan untuk menghapus video tersebut dari media sosialnya.

2. Aleix Espargaro

Berikutnya, ada nama Aleix Espargaro. Dia tidak memiliki kontroversi yang berarti di dalam lintasan. Namun, tindakannya di luar lintasan arena balap, sempat menjadi perbincangan. Pasalnya, pria berusia 32 tahun itu secara terang- terangan mendukung kemerdekaan Catalunya dari Spanyol.

Hal tersebut pun menjadi perbincangan di media masa. Dalam contoh lain, dia dihentikan ketika tidak mematuhi undang-undang lalu lintas dalam perjalanannya ke perlombaan. Polisi segera menyadari bahwa dia mengemudi tanpa SIM. Ini membuatnya menjadi sorotan kontroversial sekali lagi.

1. Valentino Rossi

Terakhir, ada nama Valentino Rossi. Nama Valentino Rossi tentunya sudah sangat tersohor di dunia MotoGP. Tak ayal, keputusannya untuk pensiun di akhir musim 2021 pun membuat banyak orang bersedih karena akan kehilangan sosok pembalap legendaris itu di pentas MotoGP mulai musim depan.

Rossi sendiri diketahui sudah mengukir karier yang sangat tersohor di MotoGP. Dia bisa merebut banyak sekali gelar juara dari berbagai kelas. Total, ada sembilan gelar yang sudah diraih, di mana tujuh di antaranya didapat di kelas premier.

Selain punya prestasi, Rossi juga dikenal karena kontroversi yang kerap dilakukannya. Salah satunya terjadi pada 2005, Valentino Rossi memiliki rivalitas yang kuat dengan pembalap asal Spanyol, Sete Gibernau.

Dalam balapan di Grand Prix Jerez 2005, Rossi dan Sete Gebernau pun terlibat pertarungan sengit. Rossi kala itu berhasil menyalip Gebernau di tikungan terakhir hingga pria 48 tahun itu harus melebar dan terguling keluar lintasan. Rossi memenangkan balapan dan Gibernau mengakhiri balapan di posisi kedua.

Selanjutnya, aksi kontroversi Rossi terjadi pada MotoGP Malaysia 2015. Kala itu, Valentino Rossi dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berebut posisi pertama di lap terakhir.

Ketegangan di antara mereka sudah tinggi sejak awal balapan ketika Marquez agresif dan Rossi menjadi sangat defensif. Di lap terakhir itu, Rossi menjulurkan kakinya dan membuat Marquez terjatuh. Rossi pun dikenai sanksi atas tindakan tersebut. {okezone}