News  

Sukmawati Minta Maaf Sambil Menangis

Sukmawati

Sukmawati Soekarnoputri akhirnya meminta maaf atas karya puisi kontroversial miliknya yang berjudul “Ibu Indonesia”. Permintaan maaf disampaikan putri Presiden RI ke-1 Ir. Soekarno itu khususnya kepada umat muslim di seluruh Indonesia.

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam di Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan terhadap puisi Ibu Indonesia,” kata Sukma sambil menangis, saat jumpa pers di Warung Daun Cikini, Jakarta, Rabu (4/4/18).

Menurut Sukmawati, puisi tersebut dia bacakan karena mengikuti tema pagelaran busana yang berlangsung. Sukmawati membacakan puisi tersebut di acara Jakarta Fashion Week 2018.

Puisi Ibu Indonesia, jelasnya, dibuat pada 2006. Karya itu adalah satu dari sejumlah puisi karyanya yang telah dibukukan. Menurutnya, puisi itu merupakan pandangan dalam melihat khazanah Indonesia.

“Saya sebagai seniman dan budayawan, ini murni karya satra saya mewakili pribadi tidak ada niatan menghina Islam dengan puisi. Saya muslim yang bangga dengan keislaman,” tegas Sukma

Sukmawati lalu memberi penjelasan. Dia sendiri tidak bermaksud menyinggung umat Islam. Sukma juga mengungkapkan bahwa dia seorang muslimah dan bangga dengan Keislamannya.

Selain meminta maaf kepada umat Islam yang merasa tersinggung, Sukmawati juga menlontarkan hal sama kepada desainer Anne Avantie. “Saya mohon maaf ke Anne Avantie dan keluarga. Serta apresiasi dan terima kasih ke fashion designer Indonesia,” sebutnya.