Cedera Otot Saat Olimpiade Tokyo 2020, Ini Kondisi Terkini Kevin Sanjaya

Usai berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada Agustus kemarin, tim bulutangkis Indonesia akan dihadapkan pada dua turnamen besar lainnya yakni Piala Sudirman 2021 dan Thomas & Uber 2020.

Sebagai catatan, Piala Sudirman rencananya dihelat pada 26 September hingga 3 Oktober di Vantaa, Finlandia. Kemudian gelaran Piala Thomas & Uber pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Kabar kurang menyenangkan datang dari tim ganda putra Indonesia. Salah satu pemain andalan, Kevin Sanjaya Sukamuljo dikabarkan mengalami cedera otot ringan usai berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020 kemarin.

Hal ini disampaikan langsung oleh pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi. Pelatih berjuluk Coach Naga Api tersebut juga menyampaikan bahwa para pemainnya saat ini dalam kondisi prima kecuali sang andalan Kevin Sanjaya Sukamuljo yang mengalami cedera otot ringan.

Tapi Herry memastikan kondisi Kevin sudah berangsur membaik. Lebih lanjut, Herry mengungkapkan bahwa saat ini persiapan ganda putra sudah masuk ke tahap peningkatan jelang turnamen.

“Setelah Olimpiade itu memang Kevin ada masalah sedikit di bahu dan lututnya. Ada sedikit cedera di ototnya. Pemeriksaan sudah dilakukan dan hasilnya tidak terlalu riskan dan membahayakan,” ungkap Herry IP seperti keterngan pers yang diterima MPI, Jumat (3/9/2021).

“Tapi memang program latihannya jadi agak beda dari yang lain. Tidak bisa langsung tapi bertahap. Selain itu, Kevin juga harus rutin menjalani terapi. Untuk Marcus dan Ahsan/Hendra sampai hari ini semuanya masih berjalan normal,” lanjutnya.

PBSI kabarnya akan menggelar simulasi format beregu dalam waktu dekat. Tujuannya untuk melihat kesiapan kerangka tim dan juga sebagai penilaian untuk keputusan akhir sebelum menentukan skuad di Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber.

Saat ini, PBSI memiliki tujuh pasangan ganda putra yang levelnya tidak terlalu jauh. Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yotje Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani.

Herry mengatakan dirinya akan membuka kesempatan untuk semua tim ganda putra bergabung di Piala Thomas. Mengenai siapa yang akan terpilih hal itu akan dinilai berdasarkan kesiapan fisik dan mental juga saat pertandingan simulasi nanti. {okezone}