Puji Dominasi Quartararo Di MotoGP 2021, Ducati Nyerah Kejar Gelar Juara?

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, tampil impresif di MotoGP 2021. Rider asal Prancis itu bahkan sudah sangat dekat dengan gelar juara andai bisa mempertahankan performanya hingga akhir musim.

Sebab, hingga race ke-12 MotoGP 2021, Fabio Quartararo kukuh di puncak klasemen dengan 206 angka, unggul 65 poin dari Joan Mir (Suzuki Ecstar) di tempat kedua.

Performa apik Fabio Quartararo juga diakui langsung oleh tim lawan, salah satunya Ducati. Direktur Tim Ducati, Paolo Ciabatti, mengakui para pembalapnya kesulitan meredam El Diablo -julukan Fabio Quartararo- di MotoGP 2021.

Paolo Ciabatti bahkan merasa kagum ketika Fabio Quartararo bisa tampil mendominasi pada balapan di Sirkuit Mugello pada Mei lalu (saat itu Fabio Quartararo meraih kemenangan). Padahal, secara karakter lintasan, motor Ducati seharusnya memiliki keuntungan di sana.

“Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa kami mengharapkan kemenangan mudah di Mugello pada Mei lalu. Tapi kami berharap lebih di sana daripada tempat keempat Johann Zarco dan keenam Jack Miller,” ujar Ciabatti dilansir dari laman Speedweek, Minggu (5/9/2021).

“Kami melakukannya dengan baik di GP Italia, tetapi tidak sebaik di masa lalu. Saya melihat jatuhnya Pecco Bagnaia juga berpengaruh besar pada hasil yang kami dapatkan,” lanjutnya.

“Tapi selalu ada ruang untuk perbaikan bagi kami juga. Levelnya sangat tinggi, persaingannya sangat dekat,” ujar Ciabatti lagi.

“Karena itu, tidak ada jaminan bahwa Anda dapat memperjuangkan kemenangan di trek yang pernah Anda raih di masa lalu,” jelasnya.

Saat ini para pembalap Ducati tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi balapan berikutnya. Seri ke-13 akan berlangsung di Sirkuit Agaron, pada Minggu 12 September 2021 malam WIB.

Di klasemen sementara MotoGP 2012, ada tiga pembalap Ducati di posisi tiga, empat dan lima. Mereka ialah Johann Zarco yang mengemas 137 angka, Francesco Bagnaia (136) dan Jack Miller (118). {okezone}