News

Dunia Digital Terancam! Badai Matahari Super Ancam Jaringan Internet Dunia Berbulan-Bulan

0

Di zaman serbadigital ini, koneksi internet memang paling dibutuhkan. Tanpa ada koneksi internet, kemungkinan segala macam aktivitas manusia yang ada di bumi akan terkendala.

Namun, tahukah Anda bahwa belum lama ini mencuat kabar terkait dunia digital akan terputus oleh Solars Superstorms atau Badai Matahari Super.

Hal ini diungkap oleh para ilmuwan pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021 dilansir Galamedia dari Mashable SEA.

Para peneliti mempresentasikan hal tersebut dalam penelitian mereka yang berjudul “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse”.

Sebelum lebih jauh Badai matahari sendiri terjadi ketika partikel bermuatan besar dan plasma dikeluarkan dari matahari dan diledakkan ke luar angkasa.

Kini para peneliti dari University of California memperingatkan bahwa badai matahari berikutnya kemungkinan akan menyebabkan “kiamat internet”.

Badai matahari super ini diprediksi berakibat sangat buruk sehingga berisiko memutus koneksi internet global yang berpotensi berlangsung selama berbulan-bulan.

Tim ilmuwan mengatakan bahwa awan partikel magnet yang bergerak cepat yang dimuntahkan dari matahari selama badai matahari berlangsung berpotensi menyebabkan kerusakan ekstrem pada infrastruktur internet yang ada di Bumi.

Lantas apa sebenarnya badai matahari serta bahaya dan dampak yang terjadi pada bumi akibat fenomena alam tersebut?

Badai matahari atau yang biasa disebut dengan badai geomagnetik oleh para ilmuwan merupakan fenomena letusan massa dan energi dari permukaan matahari.

Letusan besar plasma dan partikel bermuatan dari matahari ini diledakkan ke luar angkasa oleh matahari itu sendiri. Letusan ini nantinya juga dapat membanjiri bumi apabila terjadi dalam jumlah yang cukup besar.

Sementara itu, atmosfer bumi yang biasanya bertindak sebagai pelindung bumi terhadap radiasi ataupun benda-benda langit yang berbahaya, juga dapat rusak apabila badai matahari menghantamnya.

Selain itu, bahaya lain yang dapat mengancam bumi apabila badai matahari terjadi adalah partikel-partikel berbahaya yang berasal dari badai matahari ini nantinya juga dapat menghasilkan medan magnetnya sendiri.

Sehingga hal itu dapat memodifikasi medan magnet bumi serta dapat mengacaukan pembacaan kompas. Hal tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada satelit, sinyal hp, sinyal GPS, serta mengakibatkan pemadaman listrik yang meluas.

Dampak badai matahari yang terjadi pada satelit, sinyal, dan GPS pada akhirnya juga akan mempengaruhi jaringan internet yang ada di bumi.

Apabila badai matahari terjadi, dampaknya dapat berlangsung selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.

Itulah pengertian badai matahari, lengkap dengan bahaya dan dampaknya pada bumi apabila benar-benar terjadi. {galamedia}

Orang Tua Tak Mampu Belikan Jajan, Balita Di Tegal Jadi Doyan Makan Pasir dan Pecahan Tembok

Previous article

Presidential Threshold Hanya Hasilkan Pemimpin Tanpa Kepala dan Dasamuka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *