6 Pesepakbola Jebolan Piala Dunia Yang Pernah Main di Liga Indonesia, Pierre Njanka Paling Betah

Liga Indonesia mungkin tidak menarik bagi pesepak bola hebat yang pernah tampil di ajang terakbar, Piala Dunia. Namun, dengan negosiasi apik nyatanya ada saja pemain jebolan Piala Dunia yang mau memperkuat sejumlah klub sepak bola di Indonesia.

Para jebolan Piala Dunia tak hanya berbekal pengalaman, tapi juga membawa sisa-sisa kemampuannya untuk pamer aksi di Indonesia. Meskipun kebanyakan hanya sebentar, mereka sanggup memberikan kenang-kenangan pada fans sepak bola di Indonesia.

Ada beberapa pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkarier di Indonesia, bahkan di antaranya berlabel legenda. Siapa saja? Berikut uraiannya:

1. Roger Milla

Roger Milla merupakan pemain yang berhasil mencuri perhatian penggemar sepak bola di gelaran Piala Dunia 1990 di Italia.

Dia sukses mencetak empat gol. Kemudian pada Piala Dunia 1994, Milla juga sukses mencetak satu gol yang membuat namanya tercatat sebagai pemain tertua yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia.

Usai bermain di Piala Dunia 1994, Milla bergabung dengan klub Indonesia. Dia pernah membela Pelita Jaya pada 1994/1995. Kemudian pada 1995/1996, sang rekor pencetak gol tertua di Piala Dunia itu membela Putra Samarinda.

2. Michael Essien

Persib Bandung melakukan kejutan pada 2017. Tim berjulukan Maung Bandung itu mendatangkan pemain kesayangan pelatih Jose Mourinho di Chelsea, Michael Essien.

Essien yang pernah membela Ghana di dua edisi Piala Dunia, 2006 dan 2014, membela Persib selama semusim. Meski posisinya gelandang bertahan, dia tampil tajam dengan mencetak 5 gol dari 29 pertandingan.

3. Pierre Njanka

Pierre Njanka pernah tampil di Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2002. Mantan pilar Timnas Kamerun itu mungkin jebolan Piala Dunia yang paling betah di Indonesia.

Sejumlah klub di Indonesia pernah dibela Njanka, mulai dari Persija Jakarta, Arema FC, Aceh United, Mitra Kukar dan Persisam Putra Samarinda. Bersama Arema FC, dia mampu menjadi juara Liga Super Indonesia 2009/2010.

4. Mario Kempes

Mario Kempes tercatat sebagai pemain yang pernah membela Timnas Argentina di Piala Dunia pada 1974, 1978, dan 1982. Pada ajang Piala Dunia 1978, Kempes berhasil mencetak enam gol dan membawa Argentina sebagai juara.

Striker legendaris Valencia itu tiba di Indonesia pada 1993. Saat itu Kempes membela klub Pelita Jaya selama semusim.

5. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie kala membela Madura United. (Foto: Liga Indonesia Baru)
Peter Odemwingie adalah penyerang Nigeria di Piala Dunia 2010. Dia juga sempat membela beberapa klub kasta utama Liga Inggris seperti Stoke City, Cardiff hingga West Bromwich Albion.

Di Indonesia, Odemwingie membela Madura United pada 2017/2018. Di Madura United, dia mencetak 15 gol dari 24 pertandingan.

6. Shane Smeltz

Shane Smeltz merupakan pemain yang pernah membela Selandia Baru di Piala Dunia 2010. Pada 2017, dia berkarier di Indonesia dengan status Marquee Player.

Saat itu, Smeltz bergabung dengan Borneo FC. Dari 20 pertandingan yang dimainkannya bersama Borneo FC, dia hanya mampu mencetak 5 gol. {inews}