BalapFormula 1

Kado Perpisahan Untuk Honda, Red Bull Siapkan Livery Special di F1 GP Turki 2021

0

Musim Formula One (F1) 2021 akan menjadi tahun terakhir Honda bekerja sama dengan Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri. Sebagai salam perpisahan untuk Honda, kedua tim tersebut lantas akan memakai livery spesial saat F1 GP Turki 2021 pada Minggu 10 Oktober 2021.

Ya, sebelumnya Honda telah mengumumkan untuk menarik diri dari F1 pada penghujung 2021. Hal itu dilakukan menyusul arah pengembangan perusahaan asal Jepang tersebut.

Sebab itu, Red Bull dan Alpha Tauri yang menjadi menggunakan mesin Honda pun memberikan penghormatan terakhir. Mereka bakal mengganti warna mobilnya menjadi putih dengan aksen merah.

Bukan tanpa alasan kombinasi putih-merah dipilih. Karena warna tersebut merupakan serupa dengan mobil Honda RA 272, yang merupakan mobil F1 bertenaga Honda pertama yang memenangkan balap F1, pada GP Meksiko 1965.

Sementara untuk mobil Alpha Tauri AT02, akan terdapat satu sentuhan istimewa, yakni huruf hiragana bertuliskan arigato, atau yang berarti terima kasih. Hal itu menyusul jasa Honda yang memberikan Alpha Tauri sejumlah prestasi.

Principal tim Red Bull, Christian Horner menyebut seharusnya kelir istimewa yang digunakan oleh timnya dan Alpha Tauri dipakai di GP Jepang 2021. Namun, berhubung balapan tersebut dibatalkan, maka mereka memutuskan untuk meluncurkannya di balapan pengganti, GP Turki.

“Kami sudah menantikan memberi penggemar Honda di Jepang sebuah penghormatan untuk merayakan hubungan sukses di F1, yakni di tanah kelahirannya, di Suzuka,” kata Horner di laman resmi Red Bull, Kamis (7/10/2021).

“Dengan balapan itu jadi korban pandemi, kami tak bisa membiarkan akhir pekan berlalu tanpa memberi penghormatan kepada Honda, serta penggemarnya. Kami pun membawa sedikit warisan mereka ke Istanbul,” tambahnya.

“Warna ini dipilih untuk mobil kami, untuk menghormati perjalanan Honda di F1 yang begitu sukses. Semoga saja kami bisa memberikan penggemar kemenangan bersama warna legendaris ini,” tutur Horner.

Red Bull sendiri mengalami peningkatan yang pesat semenjak memakai mesin Honda. Untungnya Honda disebut akan terus menyuplai mesin untuk Red Bull dan Alpha Tauri meski sudah cabut dari F1 di akhir musim 2021 ini. {okezone}

Sirkuit Mandalika Resmi Gelar Balapan Kelas Dunia, Indonesia Akhirnya Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022

Previous article

Hendra Setiawan dan Greysia Polii Jadi Kapten Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *