Tekno

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

0

Pada dasarnya game online merupakan sebuah permainan yang terdapat di smartphone untuk melepas kejenuhan. Namun sekarang ini, lemahnya pengawasan orang tua membuat banyak anak-anak mulai kecanduan game online.

Banyak game online yang dapat dimainkan bersama-sama dengan teman maupun orang lain yang terhubung melalui jaringan internet membuat anak makin asyik dengan dunianya sendiri.

Ada bahaya besar tersembunyi dari banyaknya game online yang mudah diakses anak-anak. Di sini butuh peran besar orang tua untuk memberi pengertian bahwa terlalu sering bermain game online tidak baik untuk anak.

Untuk mencegah bahaya kecanduan game online, orang tua perlu mengetahui tips-tips ini yang dikutip dari situs Alodokter:

1. Batasi Waktu Bermain Game

Bermain game memang dapat membuat seseorang lupa waktu. Keseruan dan rasa kompetisi yang terdapat di dalam game merupakan salah satu faktor yang menyebabkan anak lupa waktu.

Karena itu orang tua perlu membatasi waktu bermain game. Buat jadwal secara teratur, kemudian jadikanlah aktivitas bermain game sebagai aktivitas tambahan bukan sebagai aktivitas pokok yang harus anak-anak lakukan.

2. Alihkan Anak ke Hobi Baru

Bermain game telah menjadi hobi yang banyak di minati hampir semua orang. Namun, hobi ini dapat menimbulkan dampak negatif apabila terlalu sering memainkannya.

Untuk mengatasinya, orang tua harus mencoba memberikan hal baru seperti bermain musik, berolahraga, atau membaca buku kepada anaknya. Dengan mencoba hal baru seperti itu, anak-anak akan mendapatkan hal positif yang lebih baik.

3. Pindahkan Perangkat Game di Luar Kamar Tidur

Menjauhkan perangkat game dari jangkauan anak merupakan salah satu tips untuk mencegah kecanduan ini. Pasalnya ketika anak-anak memiliki waktu luang beristirahat tentu perangkat yang paling dahulu dicari adalah gadget.

Karena itu jauhkanlah perangkat game, mulai dari pc, konsol game, hinga gadget dari kamar anak-anak. Biasakanlah untuk menjauhkan smartphone dari kamar tidur.

4. Menjalani Psikoterapi

Ketika tiga cara di atas belum mampu untuk mengatasi rasa kecanduan game online terhadap anak, segera bawa ke psikolog untuk mengobatinya. Nantinya, dokter psikologi akan memberikan terapi-terapi khusus berupa cognitive behavioral therapy.

Peran psikolog diperlukan mengingat gangguan yang dialami oleh pecandu game online adalah kesehatan mental, karena telah mengganggu waktu istirahat, sekolah, dan aktivitas lainnya. {sindo}

Koalisi Dengan Gerindra Usung Prabowo-Salim Segaf, Mardani Ali Sera: Semua Peluang Mungkin

Previous article

Sakit Hati Pernikahan Mewahnya Dituding Pakai Sponsor, Lutfi Agizal Ngamuk Ke Lambe Turah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *