Manchester City Kalahkan Tottenham Hotspur 3-1

Manchester City Tottenham Hotspurs

Manchester City sukses memutus tren buruk yang mereka lalui dalam beberapa laga terakhir. City mengalahkan Tottenham Hotspur 3-1 untuk mendekatkan diri dengan gelar Premier League.

Bertandang ke Wembley, Minggu (15/4/2018) dinihari WIB, City tak diperkuat Fernandinho yang terkena skorsing dan Sergio Aguero yang cedera lutut. Sementara itu, Spurs tampil dengan kekuatan penuh.

Tampil menekan sejak awal, City unggul 2-1 hingga turun minum. Dua gol City dicetak Gabriel Jesus pada menit ke-22 dan Ilkay Guendogan pada menit ke-25, sementara gol balasan Spurs datang dari Christian Eriksen pada menit ke-42.

Pada paruh kedua, City memiliki banyak peluang untuk memperbesar keunggulan mereka. Tapi, cuma satu yang bisa dikonversi menjadi gol, yaitu lewat Raheem Sterling pada menit ke-72.

Kemenangan ini menjadi sinyal kebangkitan City setelah sebelumnya mereka kalah tiga kali secara berturut-turut, masing-masing dari Liverpool di Liga Champions (dua kali) dan Manchester United.

City kini memimpin klasemen dengan perolehan 87 poin dari 33 laga, unggul 16 poin atas MU yang baru main 32 kali. Sementara itu, Spurs tetap di posisi keempat dengan 67 poin.

Jalannya Pertandingan

Meski berstatus tim tamu, City mengambil inisiatif serangan sejak awal. Mereka nyaris unggul di menit keempat, tapi tendangan voli Leroy Sane cuma menghantam tiang gawang.

City kemudian mendapatkan peluang berikutnya melalui tembakan Sterling, tapi masih melebar. Percobaan Kevin De Bruyne dari luar kotak penalti juga tak menemui sasaran.

City memecahkan kebuntuan melalui gol Gabriel Jesus pada menit ke-22. Gabriel Jesus langsung berhadapan dengan kiper Hugo Lloris setelah mendapatkan umpan panjang dari Vincent Kompany. Striker muda asal Brasil itu tak menyia-nyiakan kesempatan dan sontekannya membawa City unggul 1-0.

City mendapatkan penalti tiga menit kemudian menyusul pelanggaran Lloris terhadap Sterling. Namun, penalti ini diprotes oleh kubu Spurs yang menganggap pelanggaran terjadi di luar kotak penalti meski wasit Jon Moss tetap pada pendiriannya.

Guendogan maju sebagai eksekutor penalti tersebut. Eksekusinya sangat mulus menembus gawang Spurs dan mengubah skor jadi 2-0 untuk keunggulan City.

Spurs punya peluang lewat Erik Lamela pada menit ke-31. Tapi, tembakan Lamela dari luar kotak penalti masih menyamping.

Berselang dua menit, City mengancam gawang Spurs melalui percobaan David Silva. Tembakan Silva memaksa Lloris menjatuhkan diri untuk menyelamatkan gawangnya.

Spurs menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-2 lewat gol Eriksen pada menit ke-42. Gol ini berawal dari umpan terobosan Harry Kane yang dikejar Eriksen. Laporte mencoba mengadangnya, tapi bola sapuannya malah mengenai kaki Eriksen dan berbalik ke arah gawang City. Di sisa babak pertama, skor tak berubah. City masih unggul 2-1.

Spurs mencoba untuk lebih banyak menekan City pada babak kedua. Akan tetapi, tim tuan rumah kesulitan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Sementara itu, City mencoba memperkuat pertahanannya dengan menarik keluar Sane dan memasukkan bek tengah Nicolas Otamendi. Namun, justru City yang berkali-kali mengancam gawang Spurs. Pada menit ke-64, Gabriel Jesus berada dalam situasi satu lawan satu dengan Lloris, tapi penyelesaiannya melebar.

Sterling membuang kesempatan emas di menit ke-71. Usai menerima umpan silang dari Kyle Walker, Sterling sebenarnya sudah sukses melewati Lloris. Namun, upayanya menceploskan bola ke dalam gawang diadang oleh Ben Davies.

Akan tetapi, pada menit berikutnya, Sterling menebus kesalahannya dengan membawa City memimpin 3-1. Dia menyambar bola muntah dari jarak dekat setelah tembakan Gabriel Jesus ditepis oleh Lloris.

Tak berselang lama, Sterling punya kesempatan lainnya. Dia menusuk ke kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari De Bruyne, tapi penyelesaiannya melenceng tipis setelah diblok oleh Davinson Sanchez.

Saat laga sudah memasuki injury time, Spurs punya peluang lewat pemain pengganti Lucas Moura. Namun, tembakan jarak jauh Lucas bisa digagalkan oleh kiper Manchester City, Ederson Moraes.

Susunan Pemain
Tottenham Hotspur: Lloris; Trippier, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele (Lucas Moura 73′); Eriksen, Alli (Sissoko 84′), Lamela (Son 64′); Kane

Manchester City: Ederson; Walker, Kompany, Laporte, Delph; De Bruyne (Yaya Toure 89′), Guendogan, Silva; Sterling, Gabriel Jesus (Bernardo Silva 76′), Sane (Otamendi 64′)