6 Pemain Timnas Indonesia U23 Tak Didaftarkan Shin Tae-Yong Untuk Hadapi Timnas Australia U23

SEBANYAK enam pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tidak didaftarkan untuk menghadapi Timnas Australia U-23 di dua laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Padahal, dalam beberapa minggu terakhir, pemain-pemain ini sudah berada di Tajikistan untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, membawa 29 pemain sebagai persiapan menghadapi Timnas Australia U-23. Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat kesiapan pemain dengan menggelar dua laga uji coba kontra Timnas Tajikistan U-23 dan Timnas Nepal U-23.

Hasilnya, skuad Garuda Muda menang 2-1 atas Tajikistan dan menumbangkan Nepal 2-0. Dari dua laga itu, Shin Tae-yong menyortir menjadi 23 nama saja yang dibawa untuk laga kontra Timnas Australia U-23.

Alhasil, ada enam pemain yang dicoret. Mereka ialah Febby Eka Putra (Arema FC), Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung), Natanael Siringoringo (Kelantan FA), Rabbani Tasnim (Borneo FC), Genta Alparedo (Semen Padang) dan Muhammad Firly (Barito Putera).

Pemain-pemain ini turun saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Nepal. Namun, kiprah mereka gagal menarik hati Shin Tae-yong.

Lantas, bagaimana dengan Muhammad Riyandi? Kenapa kiper yang sudah membela Timnas senior Indonesia ini absen di laga kontra Australia semalam?

Penjaga gawang Barito Putera ini absen imbas hukuman kartu merah yang didapat di laga kontra Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Namun, Muhammad Riyandi dapat diturunkan saat Timnas Indonesia U-23 kembali bersua Australia pada Jumat, 29 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB.

Berstatus pemain senior, tugas Muhammad Riyandi memberikan motivasi kepada Witan Sulaeman dan kawan-kawan. Terlebih untuk lolos otomatis ke Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 wajib menang minimal dengan selisih dua gol.

Sebab, pada leg I yang berlangsung semalam, Timnas Indonesia U-23 tumbang 2-3 dari Australia. Selain kemenangan dengan selisih dua gol, kemenangan tipis juga meloloskan Timnas Idonesia U-23, asalkan setelah itu Bagus Kahfi dan kawan-kawan menang di adu tendangan penalti.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) tidak mengenal yang namanya aturan gol tandang. Jika menganut aturan gol tandang, kemenangan 1-0 Timnas Indonesia U-23 atas Timnas Australia U-23, belum cukup meloloskan skuad Garuda Muda.

Namun, karena aturan gol tandang ditiadakan, skor 1-0 bakal membawa laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Australia U-23 ke adu tendangan penalti. Hal itu karena agregat sama kuat 3-3. Jadi, sanggup lolos ke Piala Asia U-23 2022, Timnas Indonesia U-23?

Berikut 6 pemain Timnas Indonesia U-23 yang tidak didaftarkan untuk menghadapi Timnas Australia U-23:

1. Febby Eka Putra (Arema FC)

2. Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)

3. Natanael Siringoringo (Kelantan FA)

4. Rabbani Tasnim (Borneo FC)

5. Genta Alparedo (Semen Padang)

6. Muhamamd Firly (Barito Putera). {okezone}