News  

Putri Gus Dur, Anita Wahid Ingatkan Jokowi Tak Hanya Punya Juru Bicara Tapi Juga Juru Dengar

Anita Wahid, putri ketiga mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya Juru Dengar selain Juru Bicara.

Hal itu disampaikan Anita Wahid kepada mantan Juru Bicara Jokowi, Fadjroel Rachman, yang kini menjabat sebagai Duta Besar Kazakhstan dan Tajikistan.

Anita Wahid mengatakan, Juru Dengar sangat penting dimiliki Jokowi agar bisa mendengarkan langsung keluhan masyarakat di tengah riuhnya suara pendengung di media sosial (buzzer).

“Minggu lalu saya titip request lewat bang @fadjroeL agar selain Juru Bicara, ditambah juga dengan Juru Dengar,” kata Anita Wahid melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @AnitaWahid pada 30 Oktober 2021.

“Biar gak buzzer2 atau yang ABS aja yang didengerin, tapi semua kelompok dan lapisan masyarakat didengar juga. Semoga sudah disampaikan dan semoga didengar,” sebut Anita Wahid menambahkan.

Setelah tak lagi dijabat Fadjroel Rachman, muncul sejumlah nama yang disebut-sebut cocok mengisi posisi Juru Bicara Presiden.

Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, termasuk satu di antaranya. Selain itu, Johan Budi juga dinilai layak mengisi posisi sebagai Juru Bicara Presiden.

Meski begitu, pihak Istana mengatakan Jokowi belum memberi arahan apa pun soal pengganti Fadjroel Rachman.

“Sampai saat ini belum ada arahan Presiden,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pada 25 Oktober 2021. {PR}