Menang 3-2 di London, West Ham United Beri Kekalahan Pertama Untuk Liverpool

Liverpool pulang dengan kekalahan dari lawatan ke West Ham United. Tampil dominan, ‘Si Merah’ takluk 2-3 dari The Hammers yang bermain solid dan efisien.

Liverpool melawat ke London Stadium, Minggu (7/11/2021) malam WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Tim tamu sudah tertinggal di menit keempat akibat gol bunuh diri Alisson Becker.

Trent Alexander-Arnold memastikan Liverpool menutup babak pertama dengan kedudukan 1-1, berkat golnya di menit ke-41 dari situasi tendangan bebas. Tapi babak kedua berjalan buruk buat Liverpool.

Serangan cepat dan bola mati menjadi petaka. Pablo Fornals menjebol gawang Alisson dari serangan balik di menit ke-67, lalu Kurt Zouma menegaskan keunggulan menuntaskan sepak pojok pada menit ke-74.

Divock Origi menjaga kans Liverpool dengan gol di menit ke-83. Namun kekalahan tak terhindarkan untuk pasukan Juergen Klopp.

Liverpool pun dilewati West Ham United di papan klasemen Liga Inggris. Anak-anak asuh David Moyes kini menduduki posisi tiga dengan 23 poin dari 11 laga, menyalip Liverpool di urutan empat dengan 22 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru berjalan empat menit, Liverpool sudah kebobolan. Dari sepak pojok, umpan silang Pablo Fornals mengarah ke Angelo Ogbonna di tiang dekat.

Alisson mencoba meninju bola tapi gagal dan terjatuh akibat berbenturan dengan Ogbonna. Bola yang mengenai Alisson pada akhirnya masuk ke gawang. Liverpool memprotes gol itu karena menilai terjadi pelanggaran terhadap Alisson, tapi Video Assistant Referee (VAR) memutuskan kejadian itu bersih.

Pertandingan berjalan keras dengan West Ham melakukan counter pressing dengan gencar. Aaron Cresswell lolos dari hukuman di menit ke-9 usai mengangkat kaki tinggi dan mengenai Jordan Henderson.

Liverpool mendominasi penguasaan bola, tapi kesulitan menembus pertahanan West Ham. Sundulan Diogo Jota masih melesat ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-35, Liverpool menyerang dari kiri melalui Alex-Oxlade Chamberlain yang kemudian mengirim umpan silang. Bola disapu pertahanan West Ham dan coba disambar Trent Alexander-Arnold, tapi melambung.

GOL! Liverpool menyamakan skor lewat bola mati di menit ke-41.

Menghadapi tendangan bebas di depan kotak penalti, Alexander-Arnold mengoper pendek ke Salah, yang lantas mengembalikan bola kepadanya. Bola disambar Alexander-Arnold ke pojok kanan atas gawang.

Sebuah serangan cepat dari West Ham nyaris mengancam gawang Liverpool. Michail Antonio menerima umpan terobosan Said Benrahma dan sempat tinggal menghadapi Alisson.

Tapi ia tiba-tiba kehilangan bola, sehingga diamankan pertahanan Liverpool. Peluang lain dari West Ham di masa injury time, ketika Jarrod Bowen menunggu umpan Benrahma di depan gawang. Virgil van Dijk melakukan tekel akurat untuk menggagalkannya. Babak pertama selesai 1-1.

Tiang! Liverpool nyaris kecolongan di menit ke-50. Umpan korner Fornals ditanduk Dawson di depan gawang dan melewati adangan Alisson, tapi menerpa mistar gawang dan keluar lapangan.

Liverpool balas mengancam di menit ke-52. Umpan silang Alexander-Arnold diteruskan Robertson ke tengah kotak penalti dan disambar Mane di kesempatan pertama. Bola meluncur ke tengah dan dihalau Lukasz Fabianski.

Lima menit kemudian, giliran Mohamed Salah mendapatkan peluang. Sepakan Salah menyambut umpan Mane melesat ke atas.

GOL! West Ham memimpin di menit ke-67 dari serangan cepat. Bowen membawa bola lalu menyodorkannya ke Fornals, yang menyelesaikan peluang dengan sepakan mendatar. Alisson sempat menyentuh bola, tapi tak bisa mencegahnya masuk ke gawang.

Peluang buat West Ham. Merebut bola di tengah, bola dikuasai Antonio dan dioper ke Fornals. Sepakannya dihalau Alisson, tapi belakangan bendera offside naik.

Giliran Antonio mendapatkan kesempatan, lagi-lagi dari serangan cepat usai West Ham merebut penguasaan. Kali ini Virgil van Dijk memblok bola tendangan Antonio untuk menetralkan serangan.

Tapi dari korner yang dihasilkan, West Ham mencetak gol ketiga. Umpan lambung Bowen disambar sundulan Kurt Zouma di tiang jauh.

Liverpool meningkatkan serangan setelah tertinggal. Upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-83! Henderson mengoper ke Alexander-Arnold di dalam kotak penalti, tapi ia kehilangan bola.

Divock Origi mengamankan bola dalam posisi membelakangi gawang, mengontrol dengan kaki kanan, lalu menendang sembari memutar badan. Sepakannya bersarang di pojok kanan bawah gawang.

Liverpool membuang peluang bagus di menit ke-91! Sadio Mane dalam posisi bebas di depan gawang saat menyambut umpan lambung Alexander-Arnold dari tendangan bebas. Tapi sundulannya melebar!

Laga pun selesai tanpa ada gol lain tercipta.

Susunan pemain:

West Ham United: Lukasz Fabianski; Ben Johnson, Angelo Ogbonna (Craig Dawson 22′), Kurt Zouma, Aaron Cresswell; Declan Rice, Tomas Soucek; Jarrod Bowen (Vladimir Coufal 84′), Said Benrahma (Arthur Masuaku 86′), Pablo Fornals; Michail Antonio

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil Van Dijk, Andy Robertson; Fabinho (Takumi Minamino 80′), Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain (Thiago Alcantara 69′); Mohamed Salah, Diogo Jota (Divock Origi 76′), Sadio Mane {detik}