Soroti Globalisasi, Mahyudin: Banyak Efek Positif Medsos Jika Dikelola Baik dan Bijak

Anggota MPR RI yang juga Wakil Ketua DPD RI Dr H Mahyudin, ST MM menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kerjasama dengan DPD Pengajian Al Hidayah Provinsi Kaltim dan Al Hidayah Kota Balikpapan.

Sosialisasi 4 Pilar berlangsung di Aula Rumah Dinas Walikota Balikpapan, Minggu (24/11/2021). Peserta yang hadir sekitar 160 orang terdiri dari ibu-ibu pengajian Al Hidayah se Kota Balikpapan.

Dengan menerapkan Protokol Kesehatan cukup ketat acara dilaksanakan sore hari setelah Maulid Nabi Muhammad SAW dan pengajian rutin bulanan DPD Pengajian Al Hidayah Kota Balikpapan.

Dalam paparannya, Mahyudin menekankan pada efek perkembangan globalisasi yang harus diwaspadai.

“Saat ini perkembangan media sosial banyak memberikan efek kebaikan selama dikelola dengan baik. Namun tak jarang juga menimbulkan berbagai gejolak baik internal keluarga maupun sesama anak bangsa,” ungkapnya.

Saat ini di tangan ibu-ibu pembentukan karakter bangsa dan negara ditentukan. Kaum perempuan adalah sosok penyangga tiang negara, sehingga peran ibu dalam membimbing anak-anak sangat menentukan.

“Saya sangat senang bertemu dengan ibu-ibu pengajian Al Hidayah. Selain melepaskan kerinduan jumpa konstituen saya juga dapat memberikan beberapa hal penting dalam hal penerapan 4 Pilar MPR RI, ” kata Mahyudin.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dirasakan sudah mulai pudar, khususnya pada generasi muda penerus bangsa saat ini.

Banyak putra-putri bangsa yang tidak memahami, bahkan tidak hafal teks Pancasila yang sejatinya merupakan Dasar Negara Republik Indonesia.

“Untuk itulah saya sangat berharap ibu-ibu pengajian Al Hidayah berperan baik di keluarga maupun sesama anak bangsa dalam kehidupan bermasyarakat,” lanjut Mahyudin.

Revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam rangka pembangunan karakter bangsa sangat penting penerapannya.

“Kita sadari bahwa negara kita memiliki keragaman budaya, Bahasa, juga agama. Namun dengan adanya Pancasila perbedaan-perbedaan kultur ini harus kita sadari dan menjadi sebagai perekat persatuan dan kesatuan kita,” tandasnya.

Komunitas Pengajian Al Hidayah diharapkan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam UUD 1945 dan Pancasila.

“Meski komunitas ini berbentuk pengajian, namun aktifitas yang dilakukan tidak sebatas melakukan pengajian, tapi turut berbagai kegiatan sosial dan memberikan edukasi serta pemahaman kepada kaum ibu yang kerap dianggap sebelah mata.

Golkar memiliki organisasi kewanitaan dan saya percaya Al Hidayah Kaltim dan Kota Balikpapan memberikan sumbangsih bagi pembentukan karakter bangsa yang cerdas, juga memiliki iman dan taqwa yang saat ini dibutuhkan bansa dan negara,” tutup Mahyudin.

Acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dihadiri Ketua DPD Pengajian Al Hidayah Provinsi Kaltim Hj Nur Fadiah, Ketua DPD Pengajian Al Hidayah Kota Balikpapan Dra Rabiatul Adawiyah.

Totalitas pelaksanaan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI sangat terlihat, dimana Sekretaris DPD Pengajian Al Hidayah Provinsi Kaltim Isnawati, MPd sebagai moderator dan Ita Puspita Yulianti, Sekretaris DPD Pengajian Al Hidayah sebagai MC.

Suasana acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI berlangsung riuh saat Mahyudin memberikan beberapa quiz berhadiah. {tribun}