News  

Adukan Kasus Habib Rizieq Shihab Ke DPR, Forum Ulama dan Habaib: Setop Islamofobia!

Kelompok ulama dan Habaib yang mengatasnamakan diri dari organisasi Ahli Sunnah Waljamaah mengadukan kasus mantan Imam Besar FPI, Muhammad Rizieq Shihab dan Munarman ke komisi III DPR pada Senin (6/11).

Rizieq dan Munarman dalam beberapa bulan terakhir diketahui tengah menjalani proses hukum di pengadilan. Sejak kedatangannya dari Arab Saudi, November 2020 lalu, Rizieq terjerat kasus kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Sedangkan Munarman, yang merupakan mantan Sekretaris Umum FPI, terjerat kasus dugaan terlibat aksi terorisme. Kepada Komisi III DPR, perwakilan ulama dan habaib, menuntut dugaan perlakuan diskriminatif yang diterima Rizieq dan Munarman.

“Kedatangan kami datang ke tempat terhormat ini dengan harapan agar para wakil rakyat juga peka ikut merasakan bagaimana agar perlakuan-perlakuan diskriminatif dapat segera dihentikan,” kata salah satu perwakilan itu dalam rapat.

Forum Ahli Sunnah Waljamaah menganggap Rizieq dan sejumlah petinggi FPI telah mendapat perlakuan buruk hanya karena berbohong terkait kesehatan Rizieq usai kepulangannya.

Perwakilan Habaib itu juga menyinggung penangkapan Munarman atas dugaan terlibat kegiatan terorisme. Ia kecewa sebab kasus itu kini merembet ke dorongan untuk membubarkan Majelis Ulama Indonesia.

“Karena itu, kami dari forum ulama dan habaib Indonesia daerah Jawa Tengah bermaksud menggugah hati nurani rakyat melalui Komisi III DPR agar tidak hanya diam,” katanya.

Dalam rapat, forum Ahli Sunnah Waljamaah menuntut tiga hal kepada Komisi III DPR. Pertama, mereka menolak keras dan melawan segala bentuk agenda Islamophobia yang memberi stigma dan labelisasi buruk bagi umat Islam.

Kedua, forum menolak keras dan melawan penegakan hukum yang memidanakan simbol, konsep, serta akhlak yang diajarkan dalam Islam dan agama-agama yang ada di Indonesia.

Ketiga, mengawal penegakan hukum agar transparan dan tidak diskriminatif. Forum Ahli Sunnah, menduga ada agenda terselubung kaum Islamphobia yang berupaya memberikan stigma dan labelisasi buruk bagi umat Islam dan ajaran Islam. {CNN}