Skuad Malaysia Ancam Mundur Dari Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Otomatis Ke Semifinal

Tim Nasional (Timnas) Malaysia dikabarkan terancam mundur dari ajang Piala AFF 2020. Jika itu terjadi, maka apakah peluang Timnas Indonesia lolos dari Grup B untuk bermain di semifinal akan semakin terbuka lebar?

Seperti yang diketahui, ada laporan dari media Malaysia, yakni Malaysia Stadium Astro yang menyebut bahwa skuad Harimau Malaya mengancam mundur dari Piala AFF 2020 jika keinginan tim tersebut tak terpenuhi.

Keinginan yang dimaksud adalah mendatangkan pemain baru untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Chen Hoe meminta kepada Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk bernegosiasi dengan pihak AFF agar membolehkan mendatangkan pemain tambahan di tengaj kompetisi yang sudah bergulir.

Permintaan itu bukan tanpa sebab, pasalnya Malaysia saat ini memang kekurangan pemain.

Sedari awal Piala AFF 2020 sebenarnya sudah memberikan izin kepada setiap tim untuk membawa 30 pemain, namun Malaysia justru hanya membawa 24 penggawa saja karena ada sejumlah pilarnya yang cedera.

Namun, rencana Malaysia berantakan saat mengetahui ada empat pemainnya yang terinfeksi virus corona.

Keempat pemain Malaysia yang terkena Covid-19 di Singapura itu adalah Quentin Cheng, Faisal Halim, Khairulazhan dan Akhyar Rashid. Karena pemain-pemain itu sempat saling berkontak dengan penggawa Malaysia yang lain, maka bisa jadi akan ada yang terinfeksi lagi.

Untuk mengantisipasi itu semualah Cheng Hoe meminta AFF untuk membolehkan Malaysia mendatangkan pemain baru. Jika memang nyatanya tidak dibolehkan, Malaysia pun dikabarkan lebih memilih mundur.

“Kami telah mengirimkan permintaan untuk mengganti pemain. Masalah ini juga terkait dengan kebijakan pemerintah Malaysia. Semua pemain terlepas dari posisinya harus siap,” jelas Tan Cheng Hoe mengutip dari Zing News, Sabtu (11/12/2021).

Jika saja permintaan Malaysia tidak dikabulkan dan mereka benar-benar mundur, maka apakah hal itu akan memudahkan jalan Timnas Indonesia ke semifinal? Hal itu kemungkinan besar akan berpengaruh karena otomatis lawan berat tersisa skuad Garuda hanyalah Vietnam.

Terdekat Timnas Indonesia akan berjumpa Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu 12 Desember 2021. Skuad asuhan Shin Tae-yong diprediksi akan menang lagi seperti saat menghajar Kamboja 4-2 di laga perdana Piala AFF 2020. {okezone}