Tekno  

5 Tips Memanfaatkan Twitter Saat Keadaan Darurat Dan Bencana Alam

Siapa bilang semakin kesini, Twitter semakin sepi pengguna? Buktinya, beberapa pengguna Twitter seperti selebriti, perusahaan, hingga media, masih menggunakan Twitter sebagai platform untuk berbagi informasi dan beberapa update terbaru.

Twitter memang kerap kali lebih cepat dalam menghadirkan berita-berita terbaru dan membuat trending topic menjadi viral dibanding aplikasi media sosial lainnya.

Jadi, bisa dibilang Twitter merupakan tempat terbaik bagi orang-orang untuk mengetahui apa yang sedang terjadi secara real time.

Misalnya saja berita terbaru seputar bencana alam. Seringkali kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi terbaru dari Twitter, bukan? Berita bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan kebakaran yang sering terjadi di Asia, khususnya Indonesia, bisa kita dapatkan dengan cepat dan mudah di Twitter.

Berikut ini adalah lima tips untuk memanfaatkan Twitter dalam keadaan darurat dan bencana alam.

1. Ikuti sumber terpercaya dan organisasi media

Untuk mendapatkan berita terbaru secara real time, ada baiknya kamu mengikuti sumber terpercaya dan organisasi media yang resmi di Twitter.

Twitter adalah tempat bagi pengguna untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia. Hindari pula berbagi informasi yang tidak bisa kamu verifikasi.

2. Gunakan tagar yang tepat

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, gunakan juga tagar yang tepat. Tagar adalah cara terbaik bagi orang-orang untuk menemukan informasi dan percakapan tentang suatu topik tertentu.

Selain itu, tagar juga sering digunakan oleh media, lembaga pemerintah, dan organisasi bantuan serta relawan untuk menyampaikan informasi ter-update dan terakurat. Jadi, jangan pernah menggunakan tagar untuk topik yang tidak terkait dengan situasi krisis atau bencana yang sedang terjadi.

3. Gunakan Twitter Lite

Untuk selalu cepat dalam mendapatkan berita dan informasi terbaru, ada baiknya kamu mencoba menggunakan Twitter Lite untuk menghindari masalah lemahnya konektivitas yang kerap terjadi.

Di area di mana telekomunikasi terbatas, Twitter Lite menjadi platform ideal untuk berkomunikasi dan mengetahui informasi terkini tentang keadaan-keadaan darurat.

Twitter Lite adalah cara yang lebih cepat, ramah data, dan lebih mudah diakses untuk mengikuti informasi terkini, atau memposting pembaruan di Twitter secara langsung tentang situasi darurat di lapangan.

Setelah dimuat, informasi di Twitter Lite pun dapat diakses secara offline. Kini, Twitter Lite sudah bisa diunduh melalui Google Play Store.

4. Sebutkan media, lembaga pemerintah, atau organisasi yang bisa memberi bantuan

Jika memerlukan bantuan, atau dapat membantu upaya bantuan, sebutkan atau tandai media, lembaga pemerintah, organisasi bantuan dan/atau sukarelawan yang mungkin dapat mengamplifikasi tweet kamu agar diketahui oleh pihak-pihak terkait.

Dengan begitu, bala bantuan akan lebih cepat datang karena di-mention atau ditujukan pada pihak yang tepat.

5. Ikuti perkembangan terkini dengan Twitter Moments

Terakhir, ikuti juga perkembangan terkini terkait isu tertentu dengan Twitter Moments. Twitter Moments adalah kumpulan tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter.

Twitter Moments dapat menampilkan topik terkini yang populer dan relevan, sehingga kamu dapat menemukan apa yang sedang berlangsung di Twitter dengan cepat.

Ada baiknya Twitter Moments dibuat secara kronologis dengan mengikutsertakan tweet yang relevan, yang nantinya dapat berfungsi sebagai referensi.

Jadi, segera perbarui Twitter Moments dengan tweet terbaru dan informasi penting saat terjadi perubahan terkait isu atau topik yang sedang terjadi.

Itulah lima tips untuk memanfaatkan Twitter dalam keadaan darurat dan bencana alam. Selain itu, Twitter juga dapat membantu melacak bencana alam secara real time serta memberikan informasi bagi para petugas terkait terkait area mana yang perlu diprioritaskan dalam penerimaan bantuan.

Di beberapa negara Asia, Twitter dan Twitter Lite menjadi platform kritikal bagi warga untuk berkomunikasi, mengakses berbagai informasi penting, serta mengatur upaya bantuan di saat krisis.

Ketika layanan komunikasi terbatas, Twitter dan Twitter Lite menjadi platform yang digunakan lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, media, relawan, serta warga untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah dan cepat. Semoga infonya bermanfaat! {bukalapak}