Bakal Diperkuat 4 Pemain Keturunan Baru, Ini Prediksi Line Up Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

TIM Nasional (Timnas) Indonesia diprediksi diperkuat empat pemain keturunan tambahan saat turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

Setelah diperkuat Elkan Baggott dan Ezra Walian, Timnas Indonesia berpotensi dibela empat pemain keturunan tambahan yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Lantas, ke mana Kevin Diks? Bukannya pemain milik FC Copenhagen ini diproyeksikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dinaturalisasi?

Dalam pengakuan anggota Exco PSSI yang mengurusi proses naturalisasi nama-nama di atas, Hasani Abdulgani, di tengah jalan Shin Tae-yong tiba-tiba menarik keinginannya memanggil Kevin Diks. Alasannya karena Kevin Diks memiliki posisi bermain yang sama dengan Sandy Walsh.

Karena itu, Ragnar Oratmangoen yang dipilih menggantikan Kevin Diks. Pemain milik Go Ahead Eagles ini dapat dimainkan di banyak posisi. Mulai dari winger kanan, kiri, gelandang serang dan gelandang sentral. Hanya saja, Ragnar Oratmangoen biasa diperankan sebagai winger kiri.

“Karena posisi Kevin Diks dianggap sama dengan Sandy Walsh, akhirnya Shin Tae-yong menukar Diks dengan Ragnar Oratmangoen,” ujar Hasani, mengutip dari akun Instagram pribadinya @hasaniabdulgani.

“Sampai hari ini, dokumen yang sudah 90% lengkap baru dari Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sedangkan Mees Hilgers belum lengkap. Oratmangoen masih belum kasih kabar,” lanjut Hasani.

Lantas, formasi apa yang digunakan Shin Tae-yong jika proses naturalisasi nama-nama di atas sudah rampung? Pola 5-4-1 dipercaya masih diandalkan Shin Tae-yong. Dalam pola ini, posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Nadeo Argawinata.

Kemudian, di posisi lima bek sejajar ada Asnawi Mangkualam, Mees Hilgers, Jordi Amat, Elkan Baggott dan Sandy Walsh. Untuk gelandang sentral, duet Marc Klok dan Ricky Kambuaya bakal dipercaya.

Sekadar informasi, Marc Klok sudah bisa membela Timnas Indonesia per April 2022. Di bulan tersebut, gelandang kelahiran Belanda ini sudah genap lima tahun membela Timnas Indonesia.

Bagaimana untuk posisi sayap? Witan Sulaeman diandalkan di sayap kanan dan Ragnar Oratmangoen di sisi sebelahnya. Untuk ujung tombak, Egy Maulana Vikri dapat diandalkan sebagai penyerang palsu.

Lewat komposisi ini, peluang Timnas Indonesia finis sebagai juara grup atau merebut lima runner-up terbaik terbuka lebar. Pengundian babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2022 bakal dilangsungkan medio Februari 2022.

Berikut prediksi line up Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023:

(5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Elkan Baggott, Mees Hilgers, Jordi Amat; Ricky Kambuaya, Marc Klok, Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri. {okezone}