Apa Jadinya MotoGP Tanpa Adanya Valentino Rossi?

Pembalap RNF Yamaha, Andrea Dovizioso, tidak bisa melupakan jasa besar Valentino Rossi untuk MotoGP. Menurut Dovizioso, Rossi membuat MotoGP terkenal seperti sekarang. Tanpa Rossi, MotoGP mungkin tidak menjadi seperti yang publik dunia kenal sekarang.

Sebagaimana diketahui, MotoGP adalah balapan motor profesional paling elite di dunia. Akan tetapi, pamor MotoGP tidaklah sebesar sekarang pada 1990-an akhir.

Namun, keberadaan Rossi mengubah pandangan publik pada MotoGP. Debut di MotoGP pada 2000, Rossi mencuri perhatian dengan personanya yang unik.

Rossi, sebagai pembalap muda saat itu, berani menantang para seniornya untuk berebut kemenangan dalam balapan. Keberanian itu diiringi kemampuan mumpuni sehingga The Doctor pun bisa berprestasi di MotoGP.

Alhasil, Rossi mampu merengkuh tujuh gelar juara MotoGP (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2007, dan 2008). Sekadar informasi, sebelum berjaya di MotoGP, pria Italia itu juga pernah menjuarai kelas 125cc (1997) dan 250cc (1999).

Melejitnya karier Rossi di MotoGP turut mengangkat pamor MotoGP di dunia. Oleh sebab itu, MotoGP ada di posisinya sekarang sebagai salah satu olahraga paling digemari di dunia.

Namun, seperti sebuah cerita, karier Rossi pun harus selesai pada akhir musim MotoGP 2021. Dovizioso mendapatkan kesempatan emas untuk menjadi partner setim terakhir The Doctor sebelum pensiun di Petronas Yamaha SRT (sebelum ganti nama jadi RNF Yamaha).

Dovizioso, yang juga pernah bersaing dengan Rossi, bangga telah menyaksikan karier hebat The Doctor. Dovizioso pun senang bisa melihat aksi Rossi dalam meraih sembilan gelar juara dunianya.

“Saya dapat menganggap diri saya beruntung telah menyaksikan MotoGP tahun-tahun ini (kejayaan Rossi), dia juga telah menginspirasi banyak orang untuk mengikuti olahraga kami dan ini merupakan keberuntungan besar,” kata Dovizioso, dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (23/12/2021).

“Dia juga orang yang luar biasa, senang melihat semua Kejuaraan Dunianya dan bagaimana dia memenangkannya,” tutur Dovizioso.

Kini, Rossi telah pensiun dari MotoGP. Menarik untuk melihat serunya persaingan di MotoGP 2022, tanpa sang legenda hidup, Rossi. {okezone}