Tekno  

Geser Google, Facebook dan Netflix, TikTok Jadi Website Paling Populer di Dunia 2021

TikTok begitu populer selama 2021 hingga aplikasi berbagi video pendek tersebut mampu mengungguli Google – website mesin pencari yang biasanya dibuka orang pertama kali saat searching di internet.

Laporan terbaru dari perusahaan infrastruktur web, Cloudflare, menunjukkan bahwa TikTok berhasil menduduki posisi pertama website paling populer di dunia. Ia tak hanya mengalahkan Google, tetapi juga sejumlah situs web besar lain, seperti Amazon, Apple, Facebook, Microsoft, dan Netflix.

Aplikasi milik raksasa internet China, Bytedance, tersebut juga jadi layanan online satu-satunya di luar AS yang masuk ke 10 besar situs web terpopuler sepanjang 2021.

“Pada 17 Februari 2021, TikTok mendapat posisi teratas selama sehari,” tulis Cloudflare dalam laporannya.

“Pada Maret, TikTok mendapat (posisi puncak) beberapa hari lagi dan juga pada Mei, tetapi setelah 10 Agustus 2021, TikTok memimpin hampir setiap hari. Ada beberapa hari ketika Google menjadi #1, tetapi Oktober dan November sebagian besar adalah hari-hari TikTok, termasuk pada Thanksgiving (25 November) dan Black Friday (26 November).”  Cloudflare

Meski mengurutkan daftar situs web paling populer, Cloudflare tidak merinci total traffic dari masing-masing platform.

Cloudflare menjelaskan, salah satu alasan TikTok begitu populer disebabkan oleh pandemi COVID-19. Selama pandemi, orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah dan jauh dari pertemuan sosial di kehidupan nyata.

Kondisi tersebutlah yang tampaknya membuat website Google – yang layanannya mencakup Maps, Translate, Photos, Flights, Books, hingga News – tidak dapat menghindari tantangan yang ditimbulkan oleh TikTok. Aplikasi TikTok sendiri kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. {kumparan}