Baguskah Film Spider-Man: No Way Home Ditonton Oleh Anak-Anak?

Film Spider-Man: No Way Home sudah tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 15 Desember 2021. Jadi salah satu film yang paling banyak dinanti pada tahun 2021, film Spider-Man ketiga yang dibintangi oleh Tom Holland ini bahkan berhasil memecahkan rekor box office di masa pandemi.

Apakah Anda juga termasuk yang sudah tak sabar ingin menyaksikannya, Moms? Atau mungkin si kecil yang sudah heboh minta diajak nonton?
Simak dulu yuk, review yang kumparanMOM buat dari kacamata ibu berikut ini!

Di Indonesia, Lembaga Sensor Film (LSF) RI mengklasifikasikan Spider-Man: No Way Home untuk penonton Semua Umur (SU). Namun Film Ratings melansir, di beberapa negara lain, Spider-Man: No Way Home diberi rating ‘PG-13’ yang artinya tidak cocok untuk anak usia di bawah 13 tahun.

Alasannya? Ada beberapa adegan kekerasan di dalam film ini. Misalnya saja, membanting dan memukul orang dan jatuh dari tempat tinggi. Selain itu, ada pula tendangan, ledakan luka, bahkan goresan darah, serta senjata dan tembakan.

Bagi beberapa anak terutama yang masih balita atau sudah lebih besar tapi tidak terbiasa menonton film laga, adegan-adegan ini bisa saja jadi menyeramkan.

Ada pula beberapa dialog yang terkait seks, ciuman, dan ketelanjangan parsial non-grafis. Tak hanya itu, berbagai bahasa kasar atau makian seperti “s**t” dan “ass,” dan karakter mengatakan “what the f*ck” dapat ditangkap anak dari film ini.

Selain itu, durasi tayang selama 150 menit atau 2,5 jam, bisa membuat si kecil bosan, kelelahan atau perlu bolak-balik ke toilet!

Lalu bagaimana dengan jalan ceritanya?

Secara garis besar, No Way Home bercerita tentang keresahan Peter Parker karena identitasnya sebagai Spider-Man terungkap. Berbagai fitnah dan tudingan pun membuat kondisi Peter semakin sulit.

Ketika berusaha mengatasinya, situasi justru makin buruk akibat mantra yang membawa berbagai pihak dari semesta lain ke dalam semesta yang ditinggali Peter dan kita semua.

Tips Ajak Anak Nonton Spider-Man: No Way Home

Keputusan untuk mengajak si kecil nonton atau tidak, ada di tangan Anda, Moms. Sebab setiap anak dan keluarga berbeda, sehingga orang tua lah lembaga sensor terbaik untuk anak karena orang tua juga yang paling memahami mereka.

Namun bila sudah memutuskan untuk mengajak anak nonton Spider-Man: No Way Home?, setelahnya coba ajak anak berdiskusi mengenai beberapa hal ini:

Bagaimana pendapat anak soal pertarungan yang ada di Spider-Man: No Way Home? Tanyakan, apakah anak merasa terkejut atau takut, misalnya?

Tanyakan tokoh yang paling ia sukai di film Spider-Man: No Way Home? dan minta anak menjelaskan alasannya. Untuk memancing, Anda bisa lebih dulu menyebut tokoh yang Anda sukai.

Sebaliknya, tanyakan tokoh yang paling tidak disukai dan kenapa.

Ajak anak bicara soal keberanian atau apa yang Peter pelajari tentang dirinya dan perannya sebagai pahlawan super? Apakah ada perbuatan baik yang ditunjukkan para tokoh yang anak ingat?

Tanyakan pada anak: apa yang akan kamu lakukan bila bertemu dengan seseorang dari alam semesta lain? Seperti apa kira-kira perasaannya bila mengalami hal itu atau siapa yang ia harapkan? {kumparan}