Bagi Red Bull Racing, Gelar Juara F1 2021 Max Verstappen Tak Ternilai Harganya

Red Bull Racing membawa Max Verstappen juara Formula One (F1) 2021. Sayang, Red Bull gagal menjadi juara konstruktor karena kalah dari Mercedes AMG Petronas. Meski begitu, Red Bull tetap puasa karena gelar juara pembalap lebih bergengsi.

Verstappen menjadi juara dunia F1 2021 usai memenangkan balapan F1 GP Abu Dhabi 2021. Verstappen, yang sempat kesulitan pada awal balapan, mampu memberikan kejutan setelah menyalip Lewis Hamilton (Mercedes) pada lap terakhir.

Hasil itu pun membuat Verstappen memenangkan balapan. Dia mengakhiri musim ini dengan poin total 397,5. Dia unggul 8 angka dari Hamilton yang menjadi runner-up.

Hanya saja, gelar konstruktor menjadi milik Mercedes. Pabrikan asal Jerman tersebut memenangkan titel kedelapan dengan 613,5 poin, unggul 28 angka dari Red Bull.

Kepala Tim Red Bull, Christian Horner, menilai gelar pembalap lebih penting ketimbang konstruktor. Dia yakin semua anggota Red Bull tak akan memusingkan hal tersebut.

“Gelar juara dunia pembalap lebih populer dan memiliki gengsi lebih besar. Saya pikir tidak ada satu pegawai pun yang akan menukarkan gelar pembalap untuk titel konstruktor,” kata Horner, dikutip Motorsport, Jumat (24/12/2021).

Horner mengakui, bahwa gelar konstruktor menentukan pendapatan tim. Makin banyak poin dikumpulkan, mereka memperoleh uang lebih besar. Tetapi, Horner menyebut gelar untuk Verstappen lebih penting.

“Ketika Max mengunjungi pabrik, semua sangat bangga atas pencapaiannya. Tentu gelar konstruktor sangat penting, karena distribusi pendapatan yang mencapai jutaan euro,” ujarnya. {okezone}