Megawati Sindir Pihak Benalu Yang Cari Keuntungan Pribadi Di Tengah Pandemi

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyindir ada pihak-pihak tertentu yang mencari untung di tengah situasi pandemi Covid-19. Bahkan, ia mengibaratkan mereka sebagai kelompok politik yang mencoba memancing di air keruh.

“Ada juga suatu kelompok kepentingan yang bertindak bagaikan benalu yang menginduk pada inangnya atas nama pandemi, mereka masih mencari keuntungan materi,” kata Megawati dalam pidatonya di puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDI-P, Senin (10/1/2022).

Kendati demikian, Megawati tak menyebut siapa pihak yang dimaksud itu. Hanya saja, dia mengaku heran. Sebab, dalam situasi pandemi seperti saat ini, seharusnya dapat menjadi momentum yang membuat para pemimpin dan rakyat bersatu.

“Berbagai hal ini yang menjadi kritik dan auto kritik bangsa, termasuk seluruh kader partai, agar pandemi membawa persatuan erat antara pemimpin dan rakyat, rakyat dan pemimpinnya,” nilai Megawati.

Lebih lanjut, Presiden ke-5 RI itu meminta seluruh pihak untuk bersatu-padu menghadapi pandemi Covid-19. Termasuk, kata dia, untuk mendukung jalannya pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam membawa Indonesia keluar dari pandemi.

Sebab, ia menilai bahwa persatuan antara rakyat dan pemimpinnya diperlukan untuk membawa situasi Indonesia bangkit dari Covid-19.

Di sisi lain, dia juga meminta sinergi di antara seluruh jajaran pemerintahan harus dibangun dalam mewujudkan kebangkitan tersebut. “Itu keharusan, kita tidak boleh langsung loyo, sebagai bangsa pejuang kita harus tahu kita bisa keluar dari masalah ini,” pungkas Megawati. {kompas}