Lee Zii Jia Hengkang Dari Pelatnas, Legenda Bulutangkis Malaysia Kritik Keras BAM

Legenda bulu tangkis Malaysia, Roslin Hashim, mengkritik Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Dia menilai Lee Zii Jia hengkang dari pelatnas Malaysia karena bobroknya BAM.

Sebagaimana diketahui, pebulu tangkis nomor 7 dunia itu mengajukan surat pengunduran diri dari pelatnas Malaysia sejak 11 Januari 2022 . BAM resmi melepasnya pada 21 Januari 2022 kemarin.

Dalam keterangan BAM, faktor tekanan dari banyak pihak menjadi alasan Lee mengundurkan diri. Banyak pihak menginginkan Lee menjadi seperti legenda bulu tangkis Lee Chong Wei, tetapi pemain berusia 23 tahun ini tidak mampu berada di bawah ekspektasi itu.

Ada juga isu, bahwa Lee tidak mendapatkan gaji yang layak meski merupakan unggulan pertama di tunggal putra Malaysia. Akan tetapi, bagi Roslin, dua alasan itu bukanlah faktor utamanya.

Berdasarkan pengalaman Roslin dengan BAM sebelumnya, dia tahu sesuatu yang perlu dilakukan untuk masa depan olahraga bulu tangkis Negeri Jiran. Roslin menegaskan, perlu ada identifikasi lebih lanjut terkait hal itu, tapi dia justru curiga dengan apa yang ada di tubuh BAM.

“Harus ada proses post-mortem. Perlu tahu alasan mengapa Zii Jia membuat keputusan itu. Masalahnya sekarang saya pikir adalah manajemen,” ucap Roslin, dikutip laman Perak Insights, Minggu (23/1/2022).

“Ini bukan tentang pemain atau pelatih. Hal ini perlu diselidiki, terutama oleh Komisi Besar,” ujarnya.

Roslin juga mempertanyakan mengapa mantan pelatih kepala wanita nasional, Chan Chong Meng, mengundurkan diri setelah hanya 18 bulan bersama BAM.

“Chong Meng bergabung dengan BAM sebagai pelatih kepala ganda putri. Bayangkan kurang dari dua tahun dia mengundurkan diri,” ucapnya.

“Saat itu, Chong Meng berhasil membentuk ganda putri nasional. Sekarang ini Zii Jia juga. Jadi saya kira perlu mengusut masalah ini,” ujar Roslin.

Sebagai butut dari pengunduran diri itu, Lee dihukum tidak boleh berkecimpung di berbagai turnamen selama dua tahun oleh BAM. Hukuman itu membuat Lee menerima banyak dukungan dari pebulu tangkis ternama dunia. {okezone}