News  

Mahyudin Sesalkan Mundurnya Yudi Latif

Mahyudin Sesalkan Mundurnya Yudi Latif BPIP

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin menyayangkan mundurnya Yudi Latif sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurutnya, Yudi Latif adalah sosok yang pas memasyarakatkan Pancasila kepada generasi saat ini.

“Figur Yudi Latif adalah sosok yang pas memasyarakatkan Pancasila di tengah generasi milenal sekarang. Yudi orang muda sehingga acceptable di tengah generasi zaman now,” kata Mahyudin, Jumat (8/6/2018).

Hal itu diungkap Mahyudin usai melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR di Pondok Pesantren Nurul Ihsan, Sangatta, Kalimantan Timur, hari ini.

Mahyudin saat ini masih belum mengetahui penyebab menudurnya Yudi Latif. Namun ia sendiri meminta kepada Yudi agar menjelaskan pengunduran dirinya.

“Kalau sebabnya karena tekanan masyarakat, saya kira harus dijelaskan duduk perkaranya. Jangan menyerah. Memang Pancasila mendapat rongrongan sejak Indonesia merdeka sampai puncaknya peristiwa 1965. Di era sekarang, bisa saja orang yang anti Pancasila bermetamorfosis dan berganti gaya yang ingin Pancasila tidak kuat di negara kita. Tapi kita harus lawan karena Pancasila adalah ideologi negara,” paparnya.

Dia juga meminta pemerintah menerima kritikan masyarakat seperti gaji di BPIP yang dipersoalkan. Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar ini sendiri meminta agar BPIP tetap berjalan.

“Saya harap pemerintah tidak menutup mata dan telinga terhadap kritikan masyarakat dalam era keterbukaan ini. Kalau memang ada yang tidak cocok misalnya terkait dengan gaji di BPIP, perlu kajian dan penyesuaian. Saya tidak setuju karena masalah gaji program BPIP tidak jalan. Semua harus dibicarakan baik-baik,” tambahnya.

Meski telah mundur, Mahyudin juga berharap Yudi Latif tetap membantu pemerintah untuk memantapkan dan memasyarakatkan Pancasila ideologi Pancasila.