11 Artis Ini Umumkan Positif Terpapar COVID-19 Seminggu Terakhir

Penyebaran kasus COVID-19 terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir, termasuk di kalangan artis. Ada sekitar 11 artis yang tercatat mengumumkan terjangkit virus corona. Berikut daftarnya:

1. Haykal Kamil

Produser film dan pemain sinetron Haykal Kamil mengumumkan dirinya terjangkit COVID-19 pada 2 Februari lalu. Ia mengatakan bahwa sepekan sebelumnya ia banyak berkegiatan di luar rumah, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dan swab rutin.

Setelah dipastikan positif COVID-19, Haykal menjalani isolasi mandiri di kantor yang baru disewa. Kantor itu belum digunakan karena masih direnovasi.

“Gejala yang timbul adalah flu, bersin-bersin, dan sesak napas (karena gue ada riwayat asma),” katanya.

Ini bukan kali pertama Haykal kena COVID-19. Dia pernah terinfeksi virus corona pada tahun lalu. Namun, adik Zaskia Adya Mecca itu menyatakan gejala yang ia rasakan lebih ringan dibanding sebelumnya.

2. Naysilla Mirdad

“Setelah memasuki tahun ke 3 pandemi, akhirnya aku ngerasain juga yang namanya covid,” kata pesinetron Naysilla Mirdad pada 2 Februari lalu di Instagram.

Bintang Orang Ketika berusia 33 tahun itu mengakui bahwa sebelum dinyatakan positif COVID-19, ia tidak menaati protokol kesehatan dengan baik. Naysilla menganggap hal tersebut sebagai teguran kecil dari Tuhan, sebab ia merasa kuat karena tidak pernah terpapar virus ini sebelumnya.

“Aku jadi sadar aja, kaya lagi disentil kecil sama Tuhan, ‘hayooo, jangan sombong. Selama ini gak kena covid bukan berarti kebal lho nay,'” ujarnya.

Putri Lydia Kandou ini pun mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan dan memikirkan kondisi orang lain yang berada di sekitarnya.

3. Omar Daniel

Omar Daniel pertama kali mengumumkan mengenai dirinya positif COVID-19 pada 2 Februari lalu. Pria 26 tahun itu mengungkapkan ini adalah kali pertama dirinya terinfeksi virus corona.

“Soal kondisi, sudah dua hari ini tidak merasakan gejala apa pun, merasa baik saja dan sehat,” kata Omar.

Dalam unggahannya, Omar mengungkapkan, satu bulan terakhir, ia banyak menghabiskan waktu untuk syuting dan olahraga. Selain itu, pemain film Enam Batang tersebut juga mengkonsumsi makanan sehat dan menjalani pola istirahat yang berkualitas.

“Ternyata masih kecolongan juga. Tidak penting dan tidak perlu cari tahu dari mana sebabnya, yang penting dijalani dan diselesaikan dengan segera,” tulis Omar.

4. Dhena Devanka

Dhena Devanka mengumumkan positif COVID-19 pada 4 Februari lalu. Istri Jonathan Frizzy itu mengaku mengalami gejala seperti flu.

“We even don’t know infected-nya dari mana asalnya walau prokes dah dijalani, makanan dijaga, hidup dah sehat tapi tetep aja perdana niy kena juga. Walau aku gejalanya ringan banget kayak flu dan gak enak badan ajah gitu, tapi dah sadar diri waktu badan agak lemes itu langsung PCR,” tulisnya.

5. Siti Badriah

Penyanyi dangdut Siti Badriah mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada 3 Februari lalu. Ia terpapar virus corona varian omicron dalam kondisi hamil besar. Siti merasakan gejala sakit tenggorokan dan mual.

Pelantun lagu Lagi Syantik tersebut mengaku cukup jarang bepergian ke luar rumah. Namun ia berusaha ikhlas dan tak ingin menyalahkan siapa-siapa.

“Aku tuh enggak pernah keluar rumah, kehitunglah keluar rumah tuh. Apalagi Kris syuting sampai tiap hari, jadi memang enggak pernah keluar rumah kalau enggak sama suami,” tulisnya.

6. Joshua Suherman

Bintang film Joshua Suherman mengaku terjangkit COVID-19 setelah kontak erat dengan kerabatnya pada akhir Januari lalu. Dia kemudian memutuskan untuk isolasi mandiri meskipun saat itu tes PCR negatif. Keesokan harinya Joshua mengaku mengalami gejala demam dan sakit tenggorokan.

Joshua mengatakan bahwa dirinya sudah divaksin COVID-19 sebanyak dua kali. “Tapi, jebol juga. Wong memang prokesku wadidiw belakangan ini,” tulisnya.

Setelah dinyatakan positif COVID-19, pemain film Yowis Ben itu langsung mengabari rekan-rekannya yang bertemu dengannya.

7. Maya Septha

Artis Maya Septha terpaksa melewati imlek tahun ini dengan kondisi yang kurang mengenakkan. Pada 2 Februari lalu Maya mengumumkan bahwa dirinya dan keluarga inti positif COVID-19.

Maya juga menjelaskan bahwa gejala terpapar COVID-19 yang dia alami termasuk ke dalam kategori ringan. Sebab, obat yang diberikan berbeda, sesuai dengan keluhan pasien.

“Saya gejala ringan. Yang diberikan gratis: Favipiravir (antivirus seperti Avigan), Parasetamol dan Multivitamin seperti di foto pertama. Meskipun itu belum semua yg diresepkan, tapi GRATIS bersyukurlah.

Jadi kamu bisa tinggal beli sisanya aja. Yg mahal itu anti virusnya kalau kamu perlu 😁 (setau saya jika tanpa gejala tidak perlu konsumsi antivirus.. tapi baiknya tanya dokternya ya 😊),” tulisnya di Instagram.

8. Randy Pangalila

Aktor Randy Pangalila mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif COVID-19 pada 2 Februari lalu. Menurut sang manajer, aktor yang membintangi film Kucumbu Tubuh Indahku itu langsung melakukan isolasi mandiri di rumah sakit. Randy diketahui terpapar varian Omicron.

9. Vicky Shu

Penyanyi Vicky Shu mengumumkan terpapar COVID-19 pada 4 Februari lalu. Pelantun Mari Bercinta 2 berusia 36 tahun tersebut melakukan tes PCR dan dinyatakan positif pada Sabtu (29/1) lalu. Pada hari yang sama, ia mulai melakukan karantina mandiri.

Selain suami, anak-anak dan para asisten rumah tangganya tak turut terpapar virus corona. Orang-orang yang selama lima hari belakangan melakukan kontak erat dengan Vicky Shu pun tak ada yang tertular.

10. Audi Marissa

Audi Marissa mengumumkan terpapar virus COVID-19 pada 6 Februari lalu. Tak sendiri, sang suami, Anthony Xie, dan anak semata wayang mereka yang baru berusia 10 bulan, Anzel Maverick Xie, juga diketahui positif.

11. Enno Lerian

Pesinetron sekaligus mantan artis cilik Enno Lerian memberi kabar bahwa dirinya dinyatakan positif COVID-19. Ia mengaku tengah menjalani karantina mandiri di rumah.

“Karena gejalanya cukup ringan, seringan-ringannya tapi kepala aku sempet sakit banget, hidung gatal terus (semoga yang ini tandanya mau dapet rejeki mendadak ya) sama tenggorokan sakit karena batuk kering…” tulisnya.

Perempuan berusia 38 tahun itu mengaku ikhlas menerima kenyataan bahwa dirinya mengidap COVID-19. Enno Lerian juga memilih untuk mengambil hikmahnya, yakni bahwa ia bisa beristirahat sejenak dari segala kesibukan sehari-hari. {kumparan}