Ini Penyebab Bagus Kahfi Tak Dipanggil Shin Tae-Yong Bela Timnas Indonesia di Piala AFF U23 2022

PENYEBAB Bagus Kahfi tak dipanggil Shin Tae-yong untuk bela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Bagus Kahfi merupakan mesin gol Timnas Indonesia U-16 dan U-19 di era kepelatihan Fakhri Husaini.

Bahkan ketika Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2018, Bagus Kahfi keluar sebagai top skor dengan 13 gol! Sepanjang sejarah turnamen Piala AFF di semua kelompok umur, tak ada satu pun pemain yang sanggup mencetak 13 gol dalam satu turnamen.

Selain itu, penyerang berambut kribo ini juga mentereng ketika membela Tim Garuda Select yang menjalani pemusatan latihan di Inggris dan Italia. Sejumlah tim muda Italia dan Inggris pernah dibobol gawangnya oleh Bagus Kahfi. Beberapa di antaanya QPR, Inter Milan hingga Juventus.

Sayangnya, ketika membela Garuda Select itu, Bagus Kahfi mengalami patah engkel. Cedera itu membuat Bagus Kahfi absen sekira 10 bulan lamanya dari ingar sepakbola. Namun, pulih dari cedera penyerang 20 tahun itu justru direkrut tim U-21 FC Utrecht, Jong Utrecht.

Bersama Jong Utrecht yang mentas di kasta kedua sepakbola Belanda, Bagus Kahfi kesulitan mendapatkan menit bermain. Ia baru turun satu kali, itu pun hanya tiga menit saat Jong Utrecht menang 3-0 atas Telstar di pekan-pekan awal kasta kedua sepakbola Belanda.

Namun, jika alasannya Bagus Kahfi tidak dipanggil Shin Tae-yong karena jarang bermain, alasannya tidak masuk akal. Sebab, Hanis Saghara yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022 baru turun lima kali bersama Persikabo 1973 di Liga 1 2021-2022.

Begitu juga dengan Muhammad Adi Satryo yang baru tampil empat kali bareng Persik Kediri di Liga 1 2021-2022. Ternyata bukan minimnya menit tampil yang membuat Bagus Kahfi tidak dipanggil Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong tidak membawa Bagus Kahfi karena sejak awal, pelatih asal Korea Selatan itu ingin mengandalkan pemain yang mentas di kompetisi lokal untuk Piala AFF U-23 2022. Berhubung Bagus Kahfi mentas di Belanda, penyerang asal Magelang itu tak masuk hitungan Shin Tae-yong.

“Saya menargetkan juara (Piala AFF U-23 2022) meski pemain abroad, seperti Elkan (Baggott), Egy (Maulana Vikri), Witan (Sulaeman) dan Asnawi (Mangkualam) tidak bisa dipanggil. Saya akan mefokuskan pemain U-23 yang main di Liga Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Karena itu, tenaga Bagus Kahfi berpotensi baru diandalkan Shin Tae-yong pada 12-23 Mei 2022. Pada tanggal tersebut, Timnas Indonesia U-23 akan turun di SEA Games 2021 yang dilangsungkan di Vietnam. {okezone}