Tembus Rp.1,1 Miliar, Kartu Panini Langka Gambar Cristiano Ronaldo Hanya Tersedia 20 di Dunia

JAGAD raya kembali dihebohkan oleh sosok Cristiano Ronaldo. Kartu koleksi Panini bergambar megabintang Manchester United itu dilelang seharga 60 ribu pounds atau sekira Rp1,1 miliar.

Dilansir dari The Sun, harga Kartu Panini yang mencapai Rp1,1 miliar itu terdapat di salah satu pelelangan Goldin bertempat di New Jersey, Amerika Serikat.

Kartu Panini tersebut telah disimpan dalam kondisi baik sejak diluncurkan pada musim 2002-2003. Dalam kartu itu menggambarkan Cristiano Ronaldo muda menjelang debutnya bersama Tim Nasional (Timnas) Portugal.

Di musim 2002-2003, Cristiano Ronaldo masih bermain untuk Sporting Lisbon. Dari 200 kartu yang tersisa, hanya 20 yang berada dalam kondisi mulus. Orisinilitas dan eksklusivitas kartu tersebut membuat para kolektor di bursa Amerika Serikat rela merogoh kocek sampai Rp1,1 miliar.

“Kelangkaan kartu inilah yang dianggap telah mendorong nilainya hingga ke angka yang menakjubkan. Tahun lalu kartu ini hanya bernilai Rp 77,9 juta saja,” tulis Sunsport dalam laporannya dikutip dari The Sun pada Selasa (8/2/2022).

Berbicara tentang penjualan kartu langka Panini Cristiano Ronaldo ini, Jamie Salt selaku Direktur Goldin Auction menyatakan kartu tersebut merupakan barang yang layak dikoleksi, mengingat kekasih Georgina Rodriguez itu hampir mencapai puncak kariernya di usia ke-37 tahun.

“Kartu ini menampilkan salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Dalam kartu perdagangan berlisensi resmi, karier awal pemain di industri dikenal sebagai kartu pemula sejati. Itu adalah bagian dari satu aset yang diproduksi secara eksklusif di Italia untuk pasar Portugial saja,” ucapnya.

Ia pun mengungkapkan tidak banyak kartu yang masih bagus kondisinya. Apalagi usia kartu tersebut telah mencapai dua dekade.

“Tidak banyak contoh kartu yang bertahan selama bertahun-tahun, dengan banyak orang membuang atau membakarnya dan bahkan lebih sedikit salinan yang akan bertahan dalam kondisi orisinil,” timpalnya dikutip dari The Sun.

Selain kartu langka tersebut, kartu Panini edisi Cristiano Ronaldo periode kedua bergabung dengan Manchester United itu juga tersedia seharga 12 juta pounds atau sekira Rp 233 miliar.

Tetapi, kartu yang bisa dikoleksi itu sama sekali tidak sebanding dengan nilai kekayaan Cristiano Ronaldo dalam kehidupan nyata.

Sun Sport mengabarkan sejak meninggalkan Lisbon dan berpetualang ke Inggris, Spanyol, hingga Italia, kekayaan Cristiano Ronaldo diperkirakan mencapai 367 juta pounds atau sekira Rp 7,15 triliun lebih.

Seaedar informasi, kartu Panini ini ada sejak 1961 di Modena, Italia, dibuat oleh Panini bersaudara (Benito dan Giuseppe). Awalnya, mereka bergerak sebagai distrubutor koran, lalu berkembang dengan memproduksi buku, komik, majalah, stiker, hingga trading card. {okezone}