Intip Kekayaan Muhsin Bayrak, Konglomerat Turki Yang Bakal ambil Alih Chelsea Dari Abramovich

Seorang pengusaha asal Turki dilaporkan telah mengajukan penawaran untuk membeli Chelsea. Hal ini menyusul pernyataan Abramovich yang akan menjual The Blues buntut konflik Rusia-Ukraina.

Pada Jumat (4/3), The Guardian mewartakan pengusaha itu bernama Muhsin Bayrak. Sebelumnya, Muhsin Bayrak juga sudah berbicara kepada Media Turki bahwa ia memang berminat untuk membeli Chelsea usai Abramovich menjual klub asal London itu.

“Kami sedang berdiskusi soal persyaratan membeli Chelsea dengan pengacara Roman Abramovich, kami sedang negosiasi kesepakatan. Kami akan segera mengibarkan bendera Turki di London,” kata Muhsin Bayrak.

Roman Abramovich resmi menyatakan menjual Chelsea pada Kamis (3/3) dini hari WIB lalu. Keputusan ini diambil demi kepentingan Chelsea di tengah konflik Rusia-Ukraina.

Kekayaan Mushin Bayrak

Muhsin Bayrak adalah miliarder Turki dan Chairman AB Group Holding, sebuah perusahaan konstruksi dan investasi yang didirikan pada 1999.

The Sun melaporkan bahwa Muhsin Bayrak memiliki kekayaan bersih sebesar £ 8 miliar atau setara Rp 152 triliun (kurs Poundstreling Rp 19.000). Angka yang sama juga dikutip EuroSport.

Bisnis AB Group Holding-nya awalnya berbasis di Istanbul tetapi sekarang beroperasi di Italia, Spanyol, dan Yunani.

Abramovich dikabarkan memasang harga £ 3 miliar atau Rp 57 triliun untuk Chelsea. Dengan kekayaannya yang mencapai £ 8 miliar, Muhsin Bayrak bisa saja menebus Chelsea.

Calon-calon Pembeli Chelsea Lainnya

Sejak diakuisisi Abramovich pada 2003, Chelsea berhasil menjelma menjadi salah satu kekuatan besar Eropa. Berkatnya pula, pemain dan pelatih top dunia berhasil didatangkan. Tak ayal, klub London Barat itu bergelimang gelar juara.

Sekarang, era Abramovich selesai. Siapa yang akan menjadi penerusnya di Chelsea? Setidaknya, ada 3 orang kaya yang tertarik membeli Chelsea.

Pertama yaitu Hansjorg Wyss, miliarder Swiss yang dikenal sebagai pendiri dan mantan presiden dan chairman perusahaan produsen perangkat medis Synthes Holding AG.

Pria 86 tahun itu mengonfirmasinya jauh sebelum Abramovich mundur. Menurut talkSport, kekayaan bersihnya £ 3,8 miliar (sekitar Rp 72,2 triliun).

Lalu ada Jim Ratcliffe, miliarder sekaligus insinyur Inggris yang menjadi pemodal dan industrialis ini adalah pemegang tiket musiman di Stamford Bridge.

Saat ini, Ratcliffe memiliki klub Prancis, Nice. Kekayaan bersih pria 69 tahun ini sekitar £ 20 miliar (sekitar Rp 380 triliun) berkat perusahaan kimia multi-nasionalnya, Ineos.

Ketiga adalah Todd Boehly, miliarder Amerika Serikat dan penggemar berat olahraga. Ia dilaporkan mencoba beli Chelsea dua kali pada 2019, tetapi ditolak.

Boehly adalah salah satu pendiri, ketua, dan CEO Eldridge Industries dan memiliki kekayaan bersih sebesar £ 4,72 miliar (sekitar Rp 89,6 triliun). {kumparan}