Alami Crash Keras di FP2 MotoGP Mandalika, Marc Marquez Buka Suara

Marc Marquez mengalami kecelakaan (crash) yang cukup keras di sesi Latihan Bebas atau Free Practice 2 (FP2) MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3). Baby Alien sampai terseret dan terguling di gravel. Kini, pebalap Repsol Honda itu memberikan kabar terbarunya.

Marquez mengalami nasib apes itu saat sesi FP2 MotoGP Mandalika tersisa kurang dari satu menit. Pebalap Spanyol itu terlihat tak sanggup mengendalikan motornya di Tikungan 11.

Ia terjatuh cukup keras dalam kecepatan tinggi hingga tubuh dan motornya terseret dan terguling ke area gravel Sirkuit Mandalika.

Dalam tayangan ulang, terlihat Marquez memacu motornya hingga kecepatan 194 km/jam sebelum hilang kendali dan tergelincir di aspal.

Meski begitu, sang juara dunia 8 kali Kejuaraan Dunia MotoGP masih sanggup berdiri dan berjalan ke arah paddock ditemani oleh tim medis. Ia menjelaskan bahwa dirinya baik-baik saja.

“Jatuh keras hari ini ketika kami berusaha keras untuk bersenang-senang, tetapi saya baik-baik saja. Hari ini saya mengalami kecelakaan keras ketika berusaha mendorong untuk satu putaran cepat, tetapi saya baik-baik saja,” tutur Marquez di Twitter.

Pada akhirnya, Fabio Quartararo menjadi yang tercepat di sesi FP2 MotoGP Mandalika. Marc Marquez harus puas berada di urutan 22. Nasib nahas tak hanya menimpa Baby Alien, sebelumnya Jorge Martin juga mengalami crash di sesi ini.

Sejatinya, Marquez juga hampir kehilangan keseimbangan sebelum mengalami crash di Tikungan 11. Hal itu terjadi di Tikungan 7. Beruntung, pebalap Spanyol itu mampu menjaga dirinya tetap di atas motor meski sempat hilang keseimbangan.

Hal ini jelas merugikan untuk Marc Marquez karena dirinya harus berjuang di FP3 MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3), demi mengamankan tempat di babak kualifikasi pada hari yang sama. Ini menjadi pertaruhannya demi mendapat posisi start yang baik di balapan pada Minggu (20/3).

Sebelumnya di FP1 MotoGP Mandalika, Marquez cukup baik. Ia berada di urutan ke-3 pada akhir sesi tersebut, menguntit Pol Espargaro dan Miguel Oliveira di posisi 1 dan 2. {kumparan}