Miguel Oliveira Menangi Balapan Trek Basah MotoGP Mandalika 2022

Balapan MotoGP Mandalika 2022 dalam kondisi trek basah akibat hujan dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, pada Minggu (20/3). Hasilnya, Miguel Oliveira menjadi yang tercepat. Podium kedua diisi Fabio Quartararo dan ketiga ditempati Johann Zarco.

1-12: Fabio Quartararo, Jorge Martin, Johann Zarco, Brad Binder, Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, , Alex Rins, Jack Miller, Aleix Espargaro, Fabio Di Giannantonio, Luca Marini.

13-23: Marco Bezzecchi, Franco Morbidelli, Pol Espargaro, Andrea Dovizioso, Joan Mir, Alex Marquez, Maverick Vinales, Raul Fernandez, Remy Gardner, Darryn Binder, Takaaki Nakagami.

Morbidelli awalnya start ke-12 berdasarkan hasil kualifikasi, lalu kena penalti dan harus start ke-15. Marc Marquez harusnya bisa start ke-14, tetapi harus absen karena gegar otak usai crash di sesi warm up. Ini membuat Morbidelli maju start ke-14.

Balapan MotoGP Mandalika Sempat Ditunda

Hujan mengguyur Sirkuit Mandalika jelang balapan. Ofisial MotoGP sempat memutuskan untuk menunda balapan dari jadwal aslinya pukul 14:00 WIB. Safety Car terus berkeliling untuk mengecek kondisi trek Mandalika.

Hujan perlahan mereda. Pada pukul 15:00 WIB, para pebalap coba menjajal trek Mandalika yang masih basah. Setelahnya, para pebalap berbaris di starting grid.

Jalannya Balapan MotoGP Mandalika 2022 (20 lap)

Start balapan MotoGP Mandalika dimulai pada pukul 15:15 WIB. Selepas start, melesat terdepan. Oliveira menyodok ke P2 dan Miller merangsek P3. Bagnaia masih tertahan di urutan 9, sedangkan Bastianini di urutan 13 sementara.

Satu lap berselang, Oliveira menyalip Quartararo, begitu juga dengan Miller.

Pebalap Prancis itu sementara ketiga, Rins keempat, Zarco kelima, Morbidelli naik keenam. Cipratan air masih jelas terlihat kala para pebalap memacu motornya di trek Mandalika.

Saat 17 lap tersisa, Quartararo sudah terdorong ke P5. Miller sementara memimpin, diikuti Oliveira dan Rins. Bagnaia masih tertahan di P5. Martin nyaris terjatuh usai melewati Tikungan 17, tetapi untungnya masih bisa jaga keseimbangan.

Satu lap berselang, Bagnaia juga nyaris sempat goyang dan nyaris terjatuh. Ia pun terpaksa melebar saat melewati tikungan. Urutan 15 besar saat 15 lap tersisa: Oliveira, Miller, Rins, Zarco, Quartararo, Mir, Martin, Morbidelli, Marini, Binder.

Saat balapan MotoGP Mandalika tinggal 13 lap tersisa, Martin akhirnya betulan terjatuh di Tikungan 1, livery motornya sampai pecah, Martin sendiri terlihat baik-baik saja. Sementara, Dovizioso melambat karena tampak ada masalah pada mesin motornya.

Trek licin juga hampir menjadi insiden untuk Pol. Saat 12 lap tersisa, motor pebalap Repsol Honda itu sempat goyang di lintasan lurus setelah Tikungan 17, tetapi masih bisa menjaga keseimbangannya. Pol sementara di urutan 12.

Urutan 10 besar saat 10 menit balapan MotoGP Mandalika 2022 tersisa: Oliveira, Miller, Rins, Zarco, Quartararo, Mir, Morbidelli, Marini, Brad, Bagnaia.

Saat 7 lap tersisa, Darryn tampak sudah berada di depan kakaknya, Brad. Darryn sementara di P9 dan Brad di P10. Sementara, Quartararo kini menempati urutan 4. Oliveira masih terdepan, diikuti Miller dan Zarco.

Urutan 10 besar saat 5 lap tersisa: Oliveira, Miller, Quartararo, Zarco, Rins, Mir, Morbidelli, Marini, Darryn, Brad. Satu lap berselang, Quartararo dan Zarco menyalip Miller untuk masing-masing meraih urutan ke-2 dan ke-3.

Saat dua 2 lap tersisa, Bastianini dan Aleix masing-masing masuk ke P9 dan P10. Darryn menanjak ke P8, Brad terlempar dari 10 besar. Oliveira sudah jauh di depan, selisih 3 detik lebih dari Quartararo. Pada akhirnya, Oliveira menang. Quartararo kedua dan Zarco ketiga.

Hasil Lengkap MotoGP Mandalika 2022

Miguel Oliveira
Fabio Quartararo
Johann Zarco
Jack Miller
Alex Rins
Joan Mir
Franco Morbidelli
Brad Binder
Aleix Espargaro
Darryn Binder
Enea Bastianini
Pol Espargaro
Alex Marquez
Luca Marini
Francesco Bagnaia
Maverick Vinales
Raul Fernandez
Fabio Di Giannantonio
Takaaki Nakagami
Marco Bezzecchi
Gagal Finis: Remy Gardner, Jorge Martin, Andrea Dovizioso. {kump}