Piala Dunia 2022 Qatar: FIFA Umumkan Prosedur Undian 32 Negara

Prosedur undian Piala Dunia 2022 di Qatar telah diumumkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Jadwal undian Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 1 April 2022 di Doha, Qatar.

Sebanyak 32 negara ditempatkan FIFA ke dalam empat pot yang setiap pot diisi delapan negara. Meski peserta belum lengkap, setidaknya 29 negara telah memastikan diri tampil dalam ajang empat tahunan tersebut.

Melansir dari laman resmi FIFA, Rabu (23/3/2022), pot pertama akan diisi oleh Qatar sebagai tuan rumah dan tujuh negara dengan peringkat tertinggi berdasarkan ranking 31 Maret 2022. Kemudian, negara-negara yang berada di peringkat delapan hingga 15 akan mengisi di pot 2.

Lalu, pot 3 akan diisi negara di peringkat 16 hingga 23. Selanjutnya, negara-negara di peringkat 24 hingga 28 akan mengisi pot 4. Sementara itu, tiga tempat tersisa di pot 4 akan dilengkapi oleh negara dari kualifikasi antarbenua dan babak play off UEFA.

Sebagaimana diketahui, kualifikasi antarbenua akan dimainkan pada 13 dan 14 Juni 2022 di Qatar. Perwakilan Asia (AFC) akan menghadapi utusan CONMEBOL dan tim OFC akan menghadapi CONCACAF.

Satu tambahan dari babak play off UEFA akan menunggu laga antara Ukraina vs Skotlandia yang tertunda.

Perlu diketahui, negara dari satu konfederasi tidak akan satu grup, kecuali UEFA karena ada 13 negara yang terlibat. Akibatnya, lima dari delapan grup akan memiliki dua negara Eropa.

FIFA juga mengklarifikasi, tim yang lolos melalui play-off akan diatur oleh prinsip yang sama untuk memisahkan mereka dari negara satu konfederasi. Itu penjelasan soal prosedur undian Piala Dunia 2022. {okezone}