Elektabilitas PKB Bakal Meroket Berkat Maruf Amin

Elektabilitas PKB Bakal Meroket Berkat Maruf Amin Radar Aktual

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meyakini elektabilitas partainya bakal melonjak naik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 setelah terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai bakal calon wakil presiden 2019-2024.

“Pasti. Kiai Ma’ruf Amin adalah pendiri PKB, Ketua Dewan Syuro PKB yang pertama,” ujar Cak Imin di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (13/8).

PKB merupakan salah satu partai yang menyarankan Presiden Joko Widodo mengambil kader Pengurus Besar Nadhlatul Ulama sebagai calon pendampingnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Nama mantan Ketua MK Mahfud MD masih disebut bakal mendampingi Jokowi hingga beberapa jam sebelum pengumuman.

PBNU merespons isu tersebut dengan menyatakan Mahfud bukan bagian dari mereka. Hingga akhirnya, Jokowi menyatakan atas masukan, pertimbangan, dan persetujuan partai koalisi, ia memilih Rais Aam PBNU, Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presidennya.

Beberapa saat setelah pengumuman, Ma’ruf pun bertandang ke Kantor partai bintang sembilan yang dipimpin Cak Imin. Di sana, Ketua Majelis Ulama Indonesia ini menyatakan dirinya bisa menjadi cawapres karena kerja keras Cak Imin.

“Dan juga terima kasih kepada Cak Imin yang memperjuangkan saya. Kalau enggak ada Cak Imin, mungkin saya enggak terpilih,” ujar Ma’ruf saat itu.

Menanggapi hal itu, Cak Imin menyatakan Ma’ruf Amin adalah tokoh yang selama ini menyatukan PKB ketika mengalami guncangan serta konflik.

Ia pun tak bermasalah apabila partai lain seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) turut mengklaim hal serupa dengan PKB.

“Ya enggak apa-apa. Golkar harus lekat, PDI-P harus lekat, semua harus lekat ke Kiai Ma’ruf,” kata Cak Imin.