Tekno  

8 Fitur Google untuk Menemani Aktivitas Selama Ramadan dan Lebaran 2022

Pengguna Google bisa memanfaatkan sejumlah fitur untuk menemani aktivitas mereka selama Ramadan. Baik saat puasa, ngabuburit, hingga perayaan Idul Fitri. Nah, berikut tipsnya:

1. Ketik Ramadan di Google Search

Cukup dengan mencari kata “Ramadan” atau “Ramadan 2021” di Google Search, Anda dapat menemukan informasi seperti tanggal mulai puasa, ucapan, hingga jadwal sholat dan beragam informasi lainnya yang dapat membantu merencanakan kegiatan di bulan Ramadan hingga Hari Raya di satu tempat.

2. Mengubah Jam Kerja di Google Maps

Pemilik UMKM yang sudah mendaftarkan gerai mereka di Google Maps, bisa mengakses fitur Jam Kerja. Gunanya, untuk memperbarui informasi bisnis mereka di Google secara akurat dan terkini, terutama menyesuaikan waktu Imsak dan Buka Puasa.

3. Ngabuburit

Setelah seharian menjalani ibadah puasa, momen berbuka puasa merupakan hal yang dinantikan dan ingin dihabiskan bersama keluarga atau kerabat.

Pengguna bisa menjadikan memasak menjadi kegiatan mengisi waktu ngabuburit dengan cara mencari resep di Google Search. Atau, bisa juga mencari “restoran delivery dekat saya” di Google Search dan Maps.

4. Arah Kiblat

Ketika waktu berbuka puasa, Qibla Finder akan membantu untuk menemukan arah tetap menuju Ka’bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

5. Mewarnai

Pengguna bisa menunggu berbuka puasa dengan mengakses Google Arts & Culture merilis Art Coloring Book — Ramadan and Eid Edition. Disini, Anda bisa belajar dan mewarnai karya seni langsung di situs atau aplikasi.

6. Bermain Game

Google Play menyediakan berbagai rekomendasi aplikasi, game menghibur, dan promo spesial di tab Editor’s Choice untuk menemani kegiatan ngabuburit. Bahkan, ada 5x Google Play Points selama acara tertentu.

7. Teman Hari Raya

Tahun ini, Anda bisa menonton live streaming dari kreator seperti RaffiNagita, KinosGina, Melaney Ricardo dan lainnya pada 26 April 2022 di channel mereka. Lalu, ada rekomendasi dan belanja langsung di YouTube Shopping dengan Shopee.

8. Video Call

Jika tidak bisa mudik, bisa tetap bersilaturahmi dengan anggota keluarga lewat fitur Google Duo seperti filter khusus Ramadan, Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web.

Harapannya, tali silaturahmi tetap terjaga. Momen Idul Fitri dari rumah juga tetap lancar dan sesuai protokol kesehatan. {sindo}