Kepala Kru Ducati Ungkap Rahasia Enea Bastianini Tampil Cemerlang Meski Tunggangi Motor Lawas

KEPALA kru Ducati, Alberto Giribuola ungkap rahasia Enea Bastianini tampil cemerlang di MotoGP 2022, meski gunakan motor lama. Ia menyebutkan, Enea Bastianini sangat cerdik menggunakan ban depannya dengan maksimal.

Seperti diketahui, Enea Bastianini, yang menunggangi Desmosedici GP21, membuat kejutan pada musim keduanya di MotoGP. Ia tampil gemilang dengan meraih dua kemenangan dari empat seri awal MotoGP musim ini.

Masing-masing berhasil ia raih pada balapan di Qatar dan Amerika Serikat. Hasil tersebut, membuat rider asal Italia itu bercokol di puncak klasemen sementara MotoGP 2022.

Ia sudah mengoleksi 61 poin. Enea Bastianini unggul jauh dari empat pembalap Ducati lainnya yang menggunakan motor terbaru atau Desmosedici GP22. Keemmpat pembalap itu Francesco Bagnaia, Jack Miller, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Alberto Giribuola menilai bahwa Enea Bastianini maksimal menggunakan ban depannya. Hal itu jadi kelebihannya mengungguli para rider Ducati lainnya, yang menunggangi spek motor lebih baru.

“Sejujurnya, saya pikir Enea sangat, sangat percaya diri dengan bagian depan. Dia menggunakan ban depan secara maksimal dibandingkan pembalap Ducati lainnya,” kata Giribuola dilansir dari Motorsport, Sabtu (16/4/2022).

“Saat ini dia bisa mendapatkan banyak keuntungan saat memasuki tikungan, jadi dengan melakukan itu dia bisa menghemat ban saat keluar dari tikungan. Itulah perbedaannya,” timpalnya.

“Saya tidak berpikir bahwa untuk saat ini kami menggunakan paket motor yang lebih rendah dibandingkan dengan motor 2022,” tuturnya.

Ya, Desmosedici GP21 memang punya kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Sebab, di musim lalu, motor itu membawa Francesco Bagnaia menangkan empat balapan dari enam seri terakhir MotoGP 2021.

Hal itu sekaligus membantunya menjadi runner up MotoGP 2021. Alhasil, pembalap 24 tahun itu lebih baik ketimbang para rider Ducati lainnya. {okezone}