News  

Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati: Jangan Cengeng Hadapi Kenaikan Harga

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemerintah daerah agar jangan cengeng menghadapi kenaikan harga-harga.

Mengutip pesan Presiden RI pertama Sukarno atau Bung Karno, Megawati mengatakan bahwa yang terpenting adalah bagaimana membuat perut rakyat kenyang.

Menurut Megawati, banyak cara bisa dilakukan pemerintah daerah untuk membuat perut rakyat kenyang dan hidupnya layak.

“Beliau (Bung Karno) selalu ingin katakan apa yang terpenting bagi rakyatmu? Perutnya kenyang. Bagaimana mengandalkan perut kenyang rakyat. Jangan hanya cengeng kenaikan harga dan lain sebagainya,” kata Megawati dalam Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA, Rabu, 20 April 2022.

“Kalian itu kepala-kepala pemerintahan di daerah lho. Buat sebuah perencanaan,” sambungnya

Atas dasar itu, Ketua Umum PDI Perjuangan ini meminta agar para kepala daerah bersinergi dengan BRIN dan mendorong terbentuknya Badan Riset Daerah (BRIDA) di daerah untuk menopang kesejahteraan masyarakat berbasis riset.

“Saya minta dengan segala hormat kepada Mendagri untuk mempercepat pembentukan BRIDA-BRIDA ini. Nanti kita hanya menyodorkan ini sebaiknya dilaksanakan seperti ini, monggo kepala pemerintahannya mau jalankan atau tidak, tapi karena ini riset, ndak ada itu yang namanya politik, yang ada adalah netralitas dan obyektif yang ada,” tegasnya

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri menegaskan ekonomi Indonesia meskipun sedang tidak baik akibat pandemi tapi masih bisa survive. Megawati menyadari adanya penurunan, tapi ekonomi RI tidak kocar-kacir.

Buktinya, kata Megawati, Ia melihat berbagai fenomena masyarakat saat ini. Sekalipun ekonomi Indonesia mengalami penurunan tapi rakyatnya masih bisa hidup, pemerintahan masih bisa jalan, ekonomi pun bergerak walau perlahan.

“Saya lihat di pasar-pasar sekarang akibat sudah dilepaskannya aturan PPKM, ibu-ibu berbondong-bondong beli baju baru dan sebagainya, padahal di lain sisi saya juga bingung mereka antre minyak goreng, ini kan harus diriset, why?” kata Megawati dalam Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA, Rabu, 20 April 2022.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu menegaskan ekonomi Indonesia tidak jatuh depresi. “No, no, no. Tidak, tidak, tidak,” tegas Megawati. {viva}