News  

Ini Beberapa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Malam lebih baik dari seribu bulan kini sedang dinantikan oleh umat muslim. Malam itu biasa disebut dengan malam Lailatul Qadar. Banyak keutamaan dan keberkahan dari Allah SWT kepada umatnya di malam tersebut.

Untuk bisa menyambut malam Lailatul Qadar, umat muslim biasanya dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Khususnya amalan sunnah untuk bisa memperoleh kebaikan dan pahala. Lalu, apa saja keistimewaan malam Lailatul Qadar? Mari kita bahas!

Malam Lailatul Qadar memiliki sebutan lain selain malam lebih baik dari seribu bulan, yakni malam kebaikan. Malam Lailatul Qadar ialah 1 malam ganjil pada sepuluh hari terakhir di Ramadan.

Selama sebulan di bulan suci, tiap umat muslim pasti bakal menantikan malam ini. Karena, umat muslim yang bisa mendapatkannya akan mendapatkan banyak berkah serta pahala dari Allah SWT. Nah, berikut 4 keistimewaan malam Lailatul Qadar yang wajib diketahui:

1. Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang terpenting sepanjang tahun terutama pada bulan Ramadan.

Para ulama berpendapat bahwa siapapun yang melakukan amal ibadah di malam Lailatul Qadar ini akan mendapatkan pahala setara dengan melakukannya seribu bulan atau bila dihitung akan mencapai 84 tahun lamanya.

2. Turunnya Malaikat ke Bumi

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi untuk menemui orang-orang yang sedang berada dalam majelis zikir maupun sedang beribadah.

Malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya dan mengaminkan setiap doa-doa yang dipanjatkan pada malam itu. Malaikat turun dengan membawa kedamaian kepada manusia yang memanfaatkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan.

3. Malam Penuh Berkah

Allah SWT menurunkan malam yang diberkahi dan menghapus segala dosa terdahulu umat muslim yang beribadah ketika malam Lailatul Qadar. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Ad Dukhan ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3).

4. Penulisan Takdir dalam Satu Tahun di Lauhul Mahfuzh

Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT mencatat seluruh takdir mulai dari ajal, rezeki, dan lain sebagainya di Lauhul Mahfuzh selama satu tahun. Oleh karenanya, setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah agar dirinya mendapatkan banyak rezeki dan keberkahan.

Demikian informasi mengenai keistimewaan malam Lailatul Qadar yang wajib untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat! {suara}