News  

Keren! Anies Baswedan Dinobatkan Sebagai Tuan Penata Negara

Suprise. Anies Rasyid Baswedan dapat kado milad istimewa. Kado tak biasa itu diberikan oleh Federasi Adat Marga Pak. Anies Baswedan menerima gelar kehormatan “Tuan Penata Negarou” dari Pemerintah Daerah dan Penyeimbang Adat Marga Empat (Marga Pak) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung, Ahad 8 Mei 2022. Sehari setelah Anies Baswedan genap berusia 53 tahun.

Anies Baswedan menggunakan mahkota emas. Di arak bak raja menggunakan kereta kencana. Anies Baswedan mengenakan baju adat Lampung Pepadun menuju tempat penobatan Anies Baswedan sebagai “Tuan Panata Negarou” di Sesat Agung Bumi Gayo.

Berita pemberian gelar kehormatan Anies Baswedan sebagai “Tuan Penata Negarou” sepi pemberitaan media mainstream. Media bungkam dan mingkem. Alhamdulillahnya ada media sosial. Walau sepi di media mainstream, viral di media sosial.

Gelar Tuan Penata Negaraou yang diterima Anies Baswedan dapat dimaknai sebagai pesan dari masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat kepada rakyat Indonesia bahwa Anies Baswedan dianggap tokoh yang mampu menata negara Indonesia untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia setelah merdeka sebagaimana amanat Pembukaan UUD 1945 alinea keempat, yaitu:

1. Melindungi segenap angsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;

2. Memajukan kesejahteraan umum;

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa;

4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pesan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat bukan pesan yang mudah untuk diwujudkan ditengah kondisi Indonesia saat ini. Diperlukan tokoh yang teruji, berani, berintegritas, cerdas, prestasi gemilang dan mampu merangkul semua elemen bangsa untuk mewujudkan tujuan didirikannya negara Indonesia.

Diantara tokoh yang disebut-sebut akan maju di pemilihan presiden tahun 2024, tampaknya Anies Baswedan yang dikenal sudah teruji dalam memimpin DKI Jakarta dengan segudang prestasi dan karya.

Soal integritas. Anies Baswedan meraih penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN/RB. Tidak itu saja, Anies Baswedan juga meraih peringkat terbaik pencegahan korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tahun 2020 angka skor pencegahan korupsi 76 persen naik signifikan pada tahun 2021 menjadi 90,01 persen.

Prestasi Anies Baswedan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, misalnya saja; pembebasan pajak bumi dan bangunan bagi pahlawan, purnawiran, guru dan dosen. Moda transportasi terintegrasi dengan tarif satu harga, sembako murah dan subsidi air minum, pembangunan rumah susun Kampung Aquarium korban gusuran Ahok, pembangunan rusun Kampung Bayam dan program populis lainnya yang sangat dirasakan warga Jakarta. Selain itu, banyaknya penghargaan yang diterima Anies Baswedan baik dari dalam maupun luar negeri.

Juga soal kerukunan umat beragama di Jakarta. Anies Baswedan melalui Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) telah mengucurkan anggaran sejak tahun 2019 sampai tahun 2022 sebesar Rp 438,9 Miliar. BOTI diberikan untuk semua tempat ibadah di Jakarta. Program ini sekaligus membuktikan politik tengah Anies Baswedan. Islam moderat. Tidak terlalu kanan seperti dituding beberapa pihak.

Mahakarya monumental Jakarta International Stadium dan pembangunan ruang ketiga bagi warga Jakarta. Mimpi warga Jakarta memiliki stadion yang memiliki keunggulan dengan atap yang dapat dibuka terbesar di Asia dan terbesar kedua di dunia setelah Stadion AT&T di Arlington Texas. Mimpi itu terwujud dalam 4,5 tahun Anies Baswedan memimpin Jakarta.

Penghargaan dari Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat pula diartikan sebagai representasi pesan rakyat Indonesia kepada Anies Baswedan untuk memimpin negeri ini, “Tuan Panata Negarou”.

Bandung, 8 Syawal 1443/9 Mei 2022
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial