Dilarang di Timur tengah, Adegan LGBT di Film Doctor Strange2 Lolos Sensor Dan Ditonton Anak-Anak Indonesia

Film Doctor Strange Multiverse of Madness atau Doctor Strange 2 dilarang tayang di Arab Saudi karena salah satu adegan tentang karakter LGBT.

Sementara itu, adegan tersebut lolos sensor untuk tayang di bioskop Indonesia.

Adegan yang menampilkan karakter LGBT melibatkan tokoh America Chavez (Xochitl Gomez) dalam sebuah flashback ketika dirinya berusia 6 tahun.

Saat itu Chavez yang memiliki kekuatan super untuk membuka portal ke dunia lain, diceritakan sedang berada di kampung halamannya bersama orang tuanya. Yang jadi kontroversi, kedua orang tua Chavez digambarkan berjenis kelamin perempuan.

Adegan berdurasi 12 detik itu ditampilkan untuk memberikan backstory terhadap karakter Chavez yang mendukung motif tindakannya dalam film.

Chavez trauma karena kekuatannya yang tak bisa ia kontrol, membuat orang tuanya terlempar ke dimensi lain.

Karena alasan itulah Disney yang membawahi Marvel Studios, menolak permintaan otoritas Arab Saudi untuk melakukan sensor.

Karakter Chavez yang diperankan aktris berusia 16 tahun itu juga merupakan karakter lesbian. Sedangkan homoseksualitas masuk kategori pelanggaran hukum syariah di Arab Saudi.

Sebelumnya, film produksi Marvel, Eternals, juga ditarik peredarannya dari bioskop di Arab Saudi karena adegan yang menampilkan pasangan gay. Film tersebut juga gagal tayang di Kuwait dan Qatar.

Doctor Strange Multiverse of Madness Banyak ditonton anak-anak

Doctor Strange Multiverse of Madness mendapatkan rating PG-13, artinya film ini bisa ditonton dengan pengawasan orang tua untuk usia 13 tahun ke atas.

Tapi di sejumlah bioskop di Indonesia, masih banyak orang tua yang membawa anak-anak di bawah 13 tahun menonton film tersebut.

Salah satunya, seperti yang penulis lihat di salah satu pemutaran di bioskop XXI Summarecon Bekasi pada Sabtu (7/5) lalu. Hampir semua pemutaran dari jam 12 siang hingga malam hari penuh.

Pada pemutaran perdana, masih banyak anak-anak berusia di bawah 13 tahun yang diajak nonton film ini oleh orang tuanya.(Sumber)