Tekno  

Alexa.com Resmi Tutup Layanan Sejak Awal Mei 2022, Berikut Daftar Situs Penggantinya

Amazon resmi menghentikan layanan Alexa.com mulai hari ini, Minggu (1/5/2022). Pengumuman itu sudah disampaikan perusahaan sejak Desember tahun lalu.

“Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengkonversi audiens digital, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com per 1 Mei 2022,” kata Amazon dalam situs resmi Alexa.com, dikutip Minggu (1/5/2022).

Alexa.com adalah situs yang menyediakan informasi seperti peringkat (ranking) situs web, konten, hingga penelitian berbasis kata kunci (keyword).

Situs ini menawarkan global ranking, data trafik web, dan informasi penting lainnya di lebih dari 30 juta situs web.

Meski begitu, ada banyak situs pengukur serupa yang mirip Alexa.

Jadi kalian bisa menggunakan situs ini sebagai pengganti Alexa.com.

Berikut 7 situs pengganti Alexa.com sebagaimana dikutip dari Beebom, Minggu (1/5/2022):

1. Semrush
Semrush adalah salah situs populer untuk content marketing yang memiliki fitur canggih yang menganalisis situs web dan SEO. Situs ini diluncurkan sejak tahun 2008.

Semrush memiliki serangkaian fitur yang membantu pengguna dengan SEO, riset market, dan bahkan kampanye pencarian berbayar.

Biaya langganan Semrush dimulai dari 119,95 dolar AS atau Rp 1,7 jutaan untuk akun pribadi dan 449,95 dolar AS atau Rp 6,5 jutaan untuk akun bisnis.

2. Ahrefs
Ahrefs adalah situs untuk digital marketing dan jadi salah satu alternatif pengganti Alexa.

Pengguna dapat menggunakan platform ini untuk mengoptimalkan situs web, melihat bagaimana situs web bersaing dengan situs lain, menjelajahi kata kunci, melacak peringkat situs, dan lainnya.

Dengan lebih dari 11,8 miliar keywords di 10 mesin pencarian, Ahrefs menyajikan metrik data berkualitas untuk memberi pengguna insight yang bisa dimanfaatkan nanti.

Harga langganan Ahrefs mulai dari 99 dolar AS atau Rp 1,4 juta per bulan dan 999 dolar AS atau Rp 14 juta per bulan untuk enterprise.

3. Similarweb

Similarweb adalah situs yang menyajikan rating website secara global, negara, atau berdasarkan kategori.

Situs ini juga memperlihatkan metrik trafik berdasarkan wilayah dan keterlibatan.

Harga langganan Similarweb dimulai dari gratis hingga 200 dolar AS atau Rp 2,9 juta per bulan.

4. SpyFu

Spyfu adalah situs yang memperlihatkan informasi berupa ranking web berbasis kata kunci, memeriksa kompetitor, pay-per-click (PPC) kompetitor, backlink kompetitor, dan lainnya.

Setelah mengumpulkan data, pengguna bisa mengekspor hasilnya dalam bentuk file Excel, CSV, atau PDF. Harga langganan SpyFu dimulai dari gratis hingga 33 dolar AS (Rp 479.000) per bulan.

5. Moz Pro
Moz Pro adalah seperangkat alat SEO yang memiliki fitur seperti link explorer, keyword explorer, and pelacak ranking.

Meskipun Moz Pro tidak terlalu mirip seperti Alexa.com, platform ini bisa menjadi tools yang ampuh untuk mengoptimalkan situs web kalian.

Harga langganan Moz Pro dibuka mulai 99 dolar AS atau Rp 1,4 jutaan hingga 599 dolar AS atau Rp 8,7 juta per bulan.

6. Serpstat
Serpstat adalah platform SEO yang menyajikan layanan seperti penelitian berbasis kata kunci, analisis domain, melihat ranking, audit situs, dan analisis web kompetitor.

Meskipun bisa dijadikan alternatif, Serpstat mungkin tidak memiliki data sebanyak platform lain.

Harga langganan Serpstat dimulai dari 69 hingga 349 dolar AS per bulan, atau sekitar Rp 1-5 jutaan.

7. Ubersuggest
Ubersuggest memiliki fitur seperti domain overview, dashboard top ranking, saran kata kunci, ide konten, hingga riwayat backlink.

Harga langganan Ubersuggest dimulai dari gratis hingga 29 dolar AS per bulan.(Sumber)