Ini Harta Walikota Pasuruan yang Dicokok KPK

Ini Harta Walikota Pasuruan yang Dicokok KPK Radar Aktual

Walikota Pasuruan Setiyono ditetapkan KPK tersangka penerimaan suap proyek Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemkot Pasuruan. Politikus Golkar ini terakhir melaporkan kekayaannya pada tahun 2014.

Berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, orang nomor satu di Kota Pasuruan itu tercatat memiliki harta senilai Rp 4 miliar lebih yang dilaporkan pada 17 November 2014.

Setiyono melaporkan kekayaannya saat mencalonkan sebagai Walikota Pasuruan periode 2015-2020. Di laporan tersebut, Setiyono diketahui memiliki harta tak bergerak dalam bentuk tanah dan bangunan sejumlah tujuh bidang tanah yang berlokasi di Kota Pasuruan dan Kota Malang senilai lebih Rp 3 miliar.

Setiyono juga memiliki harta bergerak lainnya. Seperti alat transportasi yakni satu buah mobil bermerek Toyota Innova dan sepeda motor honda dengan nilai Rp 267 juta. Ada juga harta bergerak lainnya senilai Rp 32 juta dan giro setara uang kas total Rp 813 juta.

Belum diketahui peningkatan harta politisis Partai Golkar ini selama sekitar 2,5 tahun menjadi walikota. Dua tetangganya yang ditemui di rumah pribadinya Jalan Margo Utomo I Purworejo Kota Pasuruan, mengungkapkan Setiyono memiliki lebih dari satu mobil pribadi.

“Banyak sih mobilnya, saya beberapa kali melihat dibawa pulang,” kata pria kurus itu, Jumat (5/10/2018).

Tetangga lainnya mengungkapkan sejak dilantik menjadi walikota Februari 2016 lalu, Setiyono dan keluarganya jarang menempati rumah pribadinya. Mereka tinggal di rumah dinas Jalan Panglima Sudirman. “Jarang di rumah sejak jadi walikota,” ungkapnya.

Sementara pihak keluarga yang ditemui menolak memberikan komentar. Untuk sementara keluarga tak mau memberikan statmen.

“Maaf, tak bisa memberi keterangan, menunggu kedatangan keluarga lainnya yang sepuh-sepuh,” ujar perempuan berjilbab hitam yang merupakan kerabat Sutiyono.

Tak terlihat mobil Toyota Innova sebagaimana yang dilaporkan pada 2014 silam. Namun terdapat mobil pribadi Honda Accord warna hitam di garasi.