Terkena Ramsay Hunt Syndrome, Justin Bieber Alami Lumpuh Wajah

Penyanyi Justin Bieber tiba untuk Met Gala 2021 di Metropolitan Museum of Art di New York pada 13 September 2021.

Penyanyi Justin Bieber mengumumkan akan beristirahat dari konser dan aktivitas lain karena menderita Ramsay Hunt syndrome yang membuatnya mengalami kelumpuhan di satu sisi wajahnya.

Dalam sebuah video yang di-posting di akun Instagram-nya, Bieber berkata dia tidak dapat menggerakkan setengah wajahnya di sebelah kanan.

Mata kanannya tidak dapat berkedip, tetapi bola matanya tetap bisa bergerak.

Bibirnya tidak dapat ditarik untuk tersenyum. Begitu juga lubang hidung sebelah kanan yang tidak dapat digerakkan.

Dia meminta maaf kepada penggemar karena harus membatalkan sejumlah agenda konser. Dia mengaku bahwa “secara fisik, jelas, ia tidak dapat melakukannya (konser).”

“Virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya dan menyebabkan wajah saya lumpuh,” katanya dalam video.

“Seperti yang Anda lihat, mata ini tidak berkedip.

Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini; lubang hidung ini tidak bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini.”

Menurut Mayo Clinic, Ramsay Hunt syndrome “terjadi ketika wabah herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda.

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom Ramsay Hunt dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terdampak.”

“Ini cukup serius, seperti yang Anda lihat. Saya berharap ini tidak terjadi, tetapi, jelas, tubuh saya memberi tahu saya bahwa saya harus istirahat” -Justin Bieber-

“Saya harap kalian mengerti. Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai dan kembali ke seratus persen sehingga saya bisa melakukan apa yang harus saya lakukan sejak lahir.”

Saat ini, Bieber menjalankan terapi dan latihan untuk mengembalikan kondisi. Ia tak tahu berapa lama kondisi ini bakal pulih.(Sumber)