News  

Jusuf Kalla Prediksi Pilpres 2024 Bakal Diikuti 4 Poros

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla atau JK memprediksi Pilpres 2024 akan diikuti empat pasangan calon.

“Menurut saya, bisa empat pasang calon nanti, besar kemungkinan, karena banyak peminatnya,” ujar JK dalam wawancara dengan Tim Majalah Tempo di kediamannya, bilangan Brawijaya, Jumat, 25 Juni 2022.

JK kemudian menyebut nama-nama kandidat yang menurutnya berminat menjadi capres, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

“Banyak sekali yang mau. Jadi kalau tidak empat, ya tiga. Enggak mungkin cuma dua, tapi setelah dihitung-hitung itu, besar kemungkinan empat paslon,” ujar JK.

Ia lantas memprediksi empat poros di Pilpres 2024 yang sudah mulai tampak, yakni, PDIP; Gerindra-PKB; Koalisi Indonesia Bersatu (Golkar-PAN-PPP); dan Koalisi NasDem-PKS-Demokrat.

“PDIP mungkin bisa maju sendiri, tapi butuh pasangan yang kuat. Kalau Gerindra-PKB kan sudah jelas, KIB itu juga sudah sering ketemu, NasDem-PKS-Demokrat juga. Mungkin belum ada yang pasti, tapi setidaknya mengarah ke situ,” ujar JK.(Sumber)