Naturalisasi Jordi Amat Terancam, Bagaimana Nasib Sandy Walsh & Shayne Pattynama?

Jordi Amat akhirnya resmi diumumkan sebagai pemain anyar Johor Darul Ta’zim (JDT) pada Rabu (29/6). Kabar ini mengecewakan sejumlah pihak, termasuk Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

Kekecewaan Amat bergabung ke JDT karena harapan masyarakat adalah si pemain tetap berkarier di Eropa dan memberikan ilmunya kepada pemain Timnas Indonesia. Akan tetapi, ia sekarang berlaga kompetisi Asia Tenggara.

Kekecewaan itu bahkan berujung kepada tuntutan pembatalan proses naturalisasi Amat. Hal itu kemudian menimbulkan pertanyaan terkait nasib dua calon pemain naturalisasi lainnya yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

“Proses pengajuan masih di Kemenpora masih sangat bisa untuk kami tidak diberi rekomendasi. Kami lihat dulu apresiasi masukan dari publik pencinta sepak bola dan saya minta kepada PSSI dan Kemenpora untuk bersikap tegas terkait dengan pemberian naturalisasi kepada Jordi Amat setelah melihat respons publik yang sangat kuat,” kata Huda saat dihubungi kumparan, Rabu (29/6).

Dua nama lainnya [Walsh dan Pattynama] bisa jadi pertimbangan untuk bisa tetap maju. Karena enggak ada penolakan dari masyarakat,” terang politisi PKB itu.

Untuk sekarang, kabarnya berkas naturalisasi Amat dan Sandy Walsh sudah sampai ke DPR RI.

Artinya, prosesnya telah sampai sejauh itu. Jika DPR nantinya menyetujui naturalisasi keduanya dalam sidang, Amat dan Walsh akan semakin dekat menjadi WNI.

Namun, DPR memiliki hak untuk tidak memberi rekomendasi.

Sementara, berkas Pattynama masih harus dilengkapi sejumlah persyaratannya sebelum diproses di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).(Sumber)