News  

Tugu Titik Nol Kota Medan di Depan Kantor Pos Dirobohkan, Bobby Nasution: Itu Bukan Heritage

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menjelaskan alasan Pemerintah Kota (Pemko) Medan merobohkan bangunan bersejarah, Tugu Titik Nol yang berada di depan Kantor Pos Jalan Balai Kota, Medan.

Menurut Bobby, Tugu Titik Nol yang dirobohkan tersebut bukan merupakan heritage atau warisan sejarah Kota Medan.

Dijelaskan menantu Presiden Joko Widodo itu, yang menjadi heritage justru kawasan tempat Tugu Titik Nol Kota Medan itu berada.

“Jadi bukan Tugu-nya tapi kawasannya. heritage itu adalah titik nol Kota Medan yang awal mula bangunannya itu Kantor Pos yang sekarang,” jelas Bobby, Senin (15/8/2022).

Disinggung apakah penghancuran itu masuk dalam kegiatan revitalisasi Lapangan Merdeka, dengan tegas Bobby Nasution membenarkan hal tersebut.

“Iya ini termasuk dalam revitalisasi Lapangan Merdeka,” ucapnya.

Bobby Nasution juga menyatakan penghancuran tugu lama tersebut juga nantinya akan kembali dibangun ulang.

“Itu nanti kita bangun tugu ulang yang lebih kecil sesuai dengan bangunan awal. Kalau bangunan lama itu, masa dalam heritage ada lambang Bank Sumut, emang Bank Sumut udah lebih tua daripada kota Medan,” ucap Bobby.

Ditegaskan mantu presiden ini bahwa Pemko Medan sudah mendata bangunan yang termasuk dalam heritage.

“Yang heritage itu sudah kita data ya, semua bangunan heritage di Kota Medan walaupun bukan aset Pemkot Medan itu sudah kita data semua, di situ titik nol Kota Medan di bangun Kantor Pos, ada Kantor Pos nya sekarang,” jelasnya.

 

Untuk Itu Bobby Nasution menegaskan bahwa nantinya pihaknya akan membangun ulang tugu titik nol ini dengan ukuran yang lebih kecil lagi sesuai dengan bangunan awal.

“Tugu lagi, itu memang kita jadikan tugu lagi, bukan dihancurin diganti dengan jalan, enggak ya,” tegasnya.(Sumber)