Hail MotoGP Austria 2022: Francesco Bagnaia Tercepat Disusul Fabio Quartararo

HASIL race MotoGP Austria 2022 telah diketahui pada Minggu (21/8/2022) malam WIB.Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil keluar menjadi juara di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Kemudian, di posisi kedua dan ketiga secara beruntun diikuti oleh Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy), dan Jack Miller (Ducati Lenvo).

Sementara itu, Enea Bastianini yang jadi pole position harus menyudahi balapan lebih dini karena masalah pada motornya. Di sisi lain, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) kembali gagal podium lantaran harus puas finis keenam.

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Austria 2022 berlangsung ketat. Francesco Bagnaia tampil menggila sejak balapan dimulai. Meski start dari posisi kedua, ia langsung menyelak Enea Bastianini, yang menempati pole position, sebelum satu putaran.

Di sisi lain, nasib sial justru menimpa pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang terjatuh di tikungan keempat. Selanjutnya, persaingan ketat terus terjadi di urutan teratas. Sampai dua lap awal berlangsung, Francesco Bagnaia masih memimpin balapan.

Memasuki lap kelima, Enea Bastianini mengalami masalah pada motornya di tikungan keempat. Ia pun harus menyudahi balapan lebih dulu dan gagal finis di Sirkuit Red Bull Ring.

Kondisi itu membuat Fabio Quartararo mengalami keuntungan. Ia berhasil menempati peringkat keempat, di belakang Jorge Martin, yang ada di posisi ketiga.

Persaingan seru terjadi di urutan dua teratas, antara Francesco Bagnaia dan Jack Miller. Dua pembalap Ducati Lenovo itu saling bertarung untuk posisi pertama.

Selanjutnya ketika balapan tersisa 11 lap lagi, Fabio Quartararo berhasil mengambil keuntungan, dari kesalahan Jorge Martin. Ya, pembalap Pramac Ducati itu terlalu melebar, alhasil Fabio Quartararo yang berada di urutan keempat bisa mengambil alih posisi Jorge Martin untuk mengisi urutan ketiga.

Sementara itu, dominasi Francesco Bagnaia tak terpatahkan memasuki 10 lap terakhir. Jack Miller yang tadinya terus menempel ketat rekan setimnya itu, justru tampak berjarak dengan Francesco Bagnaia.

Momen dramatis pun terjadi ketika balapan tersisa tiga lap lagi. Ya, Fabio Quartararo secara mengejutkan berhasil menyalip Jack Miller di tikungan kedua. Sejak saat itu, Fabio Quartararo tampak ambisius mengejar Pecco, yang ada di posisi pertama.

Namun, Pecco tampak tak terkejar. Hingga akhirnya Francesco Bagnaia berhasil juara MotoGP Austria 2022, diikuti Fabio Quartararo kedua dan Jack Miller di tempat ketiga.

Berikut hasil race MotoGP Austria 2022:

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)

2 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

3 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)

4 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

5 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)

6 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)

7 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

8 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

9 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*

10 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

11 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*

12 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

13 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)

14 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

15 Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

16 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

17 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

18 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*

19 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP)

20 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*

Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)

Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

(Sumber)