News  

Anies Baswedan Ungkap Walikota Rotterdam Betah di Jakarta, Kemana-mana Jalan Kaki

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb merasakan perbedaan kondisi Jakarta saat ini dan dulu. Ahmaed Aboutaleb diketahui mengunjungi Jakarta untuk mengikuti rangkaian forum Urban 20 (U20) Mayors Summit yang digelar 30-31 Agustus 2022.

Hingga Jumat (2/9/2022) ini, Ahmed masih berada di Jakarta. Menurut Anies, yang kerap mendampinginya, Ahmed sering berkeliling Jakarta dengan berjalan kaki.

“Dia (Ahmed) suka sekali (Jakarta). Dia merasakan memang perbedaan dari jalan (raya di Jakarta). Dia keliling Pasar Baru, dia jalan ke Blok M,” tutur Anies saat ditemui di Museum Bahari, Jakarta Utara, Jumat.

Bahkan, menurut Anies, Ahmed jarang berada di kamarnya ketika di Jakarta. Berdasarkan penuturan Anies, Ahmed merasa Jakarta merupakan kota yang bisa disusuri dengan berjalan kaki (walk-able city).

Karena itu, Anies menyebutkan bahwa Ahmed merasa betah ketika berjalan kaki di Ibu Kota. “Dia (Ahmed) enggak pernah di kamar. Dia keliling ke mana-mana dan merasakan kota ini (Jakarta) bisa dijalanin, walked-able city,” sebut Anies.

“Kota yang bisa dibuat untuk pejalan kaki dan karena itu dia (Ahmed) jalan ke mana-mana, dan itu yang membuat dia betah di sini,” sambung dia.

bukan hanya Ahmed yang merasa bahwa Jakarta merupakan kota yang bisa disusuri dengan berjalan kaki, tetapi delegasi forum U20 yang lainnya juga merasakan hal serupa.

“Ini dirasakan bukan cuma satu orang, tapi saya rasa banyak sekali yang datang ke Jakarta (dan merasakan hal yang sama),” kata dia.

Menurut Anies, Pemprov DKI ingin turis atau warga memiliki pengalaman menyusuri Jakarta dengan berjalan kaki. “Sebenarnya kan ini yang kami butuhkan juga. Kami ingin orang yang datang ke Jakarta itu merasa ada pengalaman baru, tapi kalau dia cuma berada di hotel atau di mobil, ya apa pengalamannya dibandingkan dengan tempat-tempat lain,” ujar Anies.

(Sumber)