News  

Tantowi Yahya Jadi Trending Topic di Twitter, Apa Yang Terjadi?

Politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya menjadi trending topic nomor 1 di twitter Indonesia pada pukul 9.30 malam tadi. Trending topic mengenai Tantowi Yahya tercatat memuncaki daftar trending saat itu bahkan bisa mengalahkan trending lain di bawahnya seperti Rans, #PERSIBDAY, #MUNARS, dan #WelcomeBackAldebaran.

Trending topic adalah sebuah yang tema dibicarakan oleh banyak pengguna Twitter serta di tweet secara terus-menerus dalam waktu tertentu sehingga algoritma twitter memberi peringkat mengenai kata apa yang paling banyak disebut dalam satu periode tertentu, bisa satu jam, dua jam atau bahkan dua hari.

Indikatornya adalah banyaknya twit dan juga intensitas twit. Terkadang ada twit dengan tema tertentu ditwit oleh banyak orang tetapi tak kunjung menjadi trending topic karena intensitas twit yang rendah. Sebaliknya, jika intensitas twit dilakukan secara tinggi, bersamaan dalam satu waktu, maka trending topic bisa saja terwujud.

Kembali kepada Tantowi Yahya, mengapa ia menjadi trending topic malam tadi? Apakah ada hubungannya dengan penampilannya sebagai ikon musik country? Ataukah ada kabar lain terkait kembalinya ia ke dunia hiburan tanah air sebagai pembawa acara kuis hingga publik yang rindu kembali melambungkan namanya?

Ternyata tidak!? Usut punya usut, Tantowi Yahya trending topic di twitter karena sekotak wingko babat yang berisi 12 butir. Loh kok bisa begitu?!

Ketika kami telusuri lebih lanjut, akun twitter @AchmadAnnama lah yang membuat nama Tantowi Yahya trending topic di twitter dengan membuat give away berkonsep tebakan berhadiah sekotak wingko babat.

Dalam twitnya, akun twitter politisi muda Partai Golkar Achmad Annama melakukat quote twit atau kutipan terhadap akun twitter @tokoaischatz yang mempromosikan barang dagangannya yakni sekotak wingko dengan memention akun @AchmadAnnama.

“Selamat siang Bang @AchmadAnnama. Ijin nawarin jualan saya. Mungkin mau nyobain wingko yang saya produksi sendiri. Manisnya pas, teksturnya lembut dan moist. Pengiriman dari Bogor. Aman untuk pengiriman next day atau reguler 1-2 hari. Terima kasih Bang,” begitu twit akun twitter @tokoaischatz.

Achmad Annama yang merupakan koordinator komunitas Golkar Milenial ini tampaknya merasa tertarik dengan apa yang ditawarkan kepadanya. Tetapi tidak begitu saja ia membeli, alih-alih membeli untuk dirinya sendiri, Achmad Annama dengan ide kreatifnya justru menjadikan sekotak wingko itu sebagai hadiah give away dengan syarat harus menjawab pertanyaannya.

Pertanyaan Achmad Annama ini yang kemudian mendorong trending topic twitter bagi Tantowi Yahya. Pasalnya ia mencuit sebuah foto ketika dirinya dengan Tantowi Yahya sedang makan di sebuah restoran bersama. Tidak hanya foto, akun twitter @AchmadAnnama kemudian melemparkan pertanyaan kepada netizen di twitter.

“Buat 5 orang yang jawab tepat dapat 1 box wingko isi 12: 1. Saya Makan Bersama Siapa? 2. Kuis Yang Identik Dengannya? 3. Jenis Musik Yang Digandrungi? RTLC, Mensyen 3 Teman #zonajajan #Giveaway #UMKM #KulinerNusantara,” begitu cuit Wabendum Depinas SOKSI ini. SOKSI merupakan organisasi pendiri Partai Golkar yang perduli pada persoalan buruh dan tenaga kerja.

Alhasil twit tersebut langsung diserbu oleh netizen yang menginginkan sekotak Wingko berisi 12 butir itu. Sampai artikel ini dibuat, twit akun @AchmadAnnama telah mencapai 82 kali retweet, 10 kutipan tweet, dan 151 likes. Ini belum termasuk ratusan bahkan ribuan reply lainnya dari para netizen twitter yang menjawab pertanyaan akun @AchmadAnnama di bawahnya.

Jawaban mereka rata-rata sama, menjawab Tantowi Yahya untuk pertanyaan pertama. Kuis Who Wants To Be A Millionaire sebagai jawaban pertanyaan kedua. Dan Musik Country untuk jawaban pertanyaan ketiga.

Jawaban para netizen itu yang mengulang-ulang diksi Tantowi Yahya membuat perlahan membentuk trending topic. Tercatat pada jam itu, ada 1.806 cuitan yang menyebutkan kata Tantowi Yahya.

Ternyata dengan ide kreatif yang sederhana sebuah trending topic bisa terbentuk. Terlebih sepertinya masyarakat Indonesia sangat gemar mengudap Wingko, penganan khas Semarang hingga mereka pun berebut untuk menjawab pertanyaan ini. Bagi penjual, akun @tokoaischatz tentu sangat beruntung karena jualannya menjadi laris dan sarana promosi secara gratis, begitu pun untuk Tantowi Yahya yang mendapat publikasi secara nasional karena menjadi trending topic. Selamat! {golkarpedia}