Piala AFF U22, Timnas Indonesia Diimbangi Myanmar 1-1

Timnas Indonesia berhadapan dengan Myanmar di laga pertama Grup B Piala AFF U-22. Kedua tim bermain imbang 1-1 di pertandingan ini.

Bermain di Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Senin (18/2/2019) sore WIB, Myanmar mendominasi jalannya laga di 10 menit awal. Indonesia justru lebih banyak bermain menunggu sambil mendikte lawan.

Indonesia mencoba melakukan sepakan spekulasi melalui Hanif Sjahbani di menit ke-12, namun arah bola masih melenceng dari gawang Myanmar.

Skuat Indra Sjafri kecolongan di menit ke-12. Myat Kaung Khant berhasil merobek gawang Indonesia dari jarak dekat.

Setelah tertinggal 0-1, Indonesia berusaha lebih agresif menekan pertahanan Myanmar. Di menit ke-18, Witan Sulaeman melepaskan tendangan namun mudah ditangkap oleh Phone Thisar Min.

Indonesia baru bisa menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-38. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Luthfi Kamal, Rachmat Irianto mampu melepaskan tendangan ke gawang. Phone melakukan kesalahan saat mencoba meninju bola.

Myanmar masih mendominasi permainan atas Indonesia di awal-awal babak kedua. Skuat Garuda masih kerap kalah duel di lini tengah.

Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-58. Asnawi Mangkualam melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Myanmar. Ruang tembakan didapat Asnawi dari jarak dekat, namun bola masih belum mengarah ke gawang. Myanmar kembali meningkatkan serangan. Di sisi lain, Indonesia tak melakukan pressing-pressing ketat ke pemain lawan.

Tembakan dari luar kotak penalti dilepaskan pemain Myanmar di menit ke-88. Bola meluncur deras di samping kanan gawang Awan Setho. Tak ada gol yang terjadi di babak kedua dari kedua tim. Myanmar dan Indonesia pun harus menuntaskan laga dengan skor 1-1.

Indonesia dan Myanmar untuk sementara memimpin Grup B dengan poin satu. Selepas laga ini, akan berlangsung duel antara Malaysia vs Kamboja.

Susunan Pemain:

Myanmar: Phone Thisar Min; Hein Phyo Win, Win Moe Kyaw, Ye Yint Aung, Soe Moe Kyaw; Nan Htike Zaw, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Hein Htet Aung; Win Naing Thun, Zyar Naing.

Indonesia: Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Andy Setyo Nugroho, Samuel Christianson; Hanif Sjahbandi, M. Luthfi, Gian. Zola; Witan Sulaiman, Dimas Drajad, Osvaldo Haay. [detik]