Miguel Oliveira Menang MotoGP Thailand 2022, Marc Marquez Tak Masuk 5 Besar

HASIL race MotoGP Thailand 2022 sudah diketahui. Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira, keluar sebagai pemenang usai menyuguhkan penampilan luar biasa. Sementara itu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sukses menembus 5 besar.

Balapan MotoGP Thailand 2022 digelar di Sirkuit International Chang, Buriram, Minggu (2/10/2022) sore WIB. Balapan sempat mengalami penundaan sejenak dari seharusnya digelar pukul 15.00 WIB lantaran hujan deras yang mengguyur sirkuit. Balapan baru digelar pada pukul 15.55 WIB.

Jalannya Balapan

Persaingan langsung berlangsung sengit di awal balapan yang berlangsung 25 lap ini. Marco Bezzecchi yang menyegel pole position sendiri berhasil memimpin balapan, meski lajunya sempat melebar karena bersaing dengan Jorge Martin.

Bezzecchi diikuti oleh Francesco Bagnaia di urutan kedua. Kemudian, ada Jack Miller, Jorge Martin, dan Marc Marquez secara berurutan mengisi posisi kedua hingga kelima.

Persaingan sengit tak hanya terjadi di depan. Sirkuit yang licin karena basah membuat sejumlah pembalap hampir bersenggolan saat hendak menyalip. Salah satunya dialami oleh Aleix Espargaro dan Remy Gardner. Beruntung, keduanya tak terjatuh usai bersenggolan.

Namun, nasib sial harus dialami adik Valentino Rossi, Luca Marini. Dia tergelincir kala melewati tikungan kesembilan hingga akhirnya gagal finis.

Di baris depan, Jack Miller pun secara mengejutkan bisa merangsek ke depan, menyalip rekan setimnya, Bagnaia, dan Bezzecchi sekaligus. Marc Marquez sendiri tetap berada di urutan kelima.

Memasuki lap kelima, Miguel Oliveira menunjukkan kegarangannya kala melintas di trek basah. Usai sukses menyalip Marc Marquez, dia melesat ke depan dan terus mengejar Bagnaia dan Bezzecchi hingga akhirnya berada di urutan kedua, tepat di belakang Miller.

Kinerja ciamik Oliveira tak mengejutkan. Sebab, di MotoGP Mandalika 2022, dia juga sukses meraih kemenangan kala balapan dalam kondisi trek yang basah.

Bukan hanya Oliveira, Marc Marquez yang juga cepat di lintasan basah menampilkan kinerja ciamik dalam balapan ini. Dia terus bersaing di baris depan hingga sudah menempati urutan keempat kala balapan sudah berjalan 10 lap.

Memasuki 11 lap terakhir, Oliveira bersaing sengit dengan Miller untuk memperebutkan posisi terdepan. Usaha Oliveira pun berbuah manis karena sukses merangsek ke posisi terdepan. Dia terus menjaga posisinya hingga garis finis.

Di belakangnya, ada Jack Miller yang finis di posisi kedua. Kemudian, podium ketiga ditempati oleh Francesco Bagnaia. Posisi keempat diisi oleh Johaan Zarco dan ada Marc Marquez di urutan kelima.

Namun sayang, nasib sial harus dialami Fabio Quartararo. Dia hanya finis di urutan ke-17 sehingga gagal mendapat satu pun poin. Kini, Quartararo pun hanya unggul 2 poin dari Bagnaia di klasemen MotoGP 2022.

Berikut Hasil Race MotoGP Thailand 2022:

1. Miguel Oliveira

2. Jack Miller

3. Francesco Bagnaia

4. Johann Zarco

5. Marc Marquez

(Sumber)